Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Open Touch, Solusi Komunikasi yang Makin Kompleks

Kompas.com - 29/09/2011, 23:17 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, nilai dari sebuah produk tidak hanya dinilai dari kualitas produk itu sendiri, namun dari layanan yang bisa diberikan oleh produk tersebut. Ini juga berlaku dalam dunia komunikasi, dan Alcatel Lucent berusaha menangkap tren ini dengan terus mengembangkan layanan yang sesuai kebutuhan pengguna.

Hari ini, Kamis (29/9/2011), Alcatel Lucent memperkenalkan solusi komunikasi terbarunya yang disebut Open Touch. Stanislas Corporeau, Product Marketing Director Enterprise Application Alcatel Lucent, mengatakan, "Keunggulan dari Open Touch adalah multiparty, multidevice, dan multimedia."

Corporeau mengatakan bahwa dengan multiparty, Open Touch bisa mendukung aktivitas enterprise yang kini makin kompleks dan tidak terbatas geografis dan waktu. Dengan cara ini, proses pengambilan keputusan di sebuah enterprise besar dengan banyak cabang bisa dilakukan dengan lebih mudah.

"Sementara dengan multidevice, pengguna tidak terbatas hanya bisa menggunakan device tertentu. Bisa memakai PC, laptop, smartphone atau lainnya. Kita bisa mengontak orang dengan device apapun tanpa peduli orang itu sedang di mana dan memakai device apa," ungkap Corporeau.

Ia menambahkan, berdasarkan riset Gartner, pada tahun 2015, 90 persen koneksi internet akan didominasi oleh akses video. Dengan Open Touch pengguna bisa melakukan video calling sekaligus mengakses instant messaging maupun melakukan application sharing.

Kemudahan nyata yang diberikan Open Touch, Corporeau mencontohkan, pengguna bisa dengan mudah menambah atau mengurangi peserta video conference yang berlangsung. Pada device juga akan muncul ikon sehingga pengguna tahu pasti dengan siapa sedang berkomunikasi, jadi takkan salah sambung.

"Pengguna juga bisa dengan mudah berpindah dari device satu ke yang lain. Contohnya kita sedang berjalan, lalu orang mengontak kita lewat BlackBerry. Saat kita sudah sampai di kantor atau rumah, kita ingin melakukan kontak lewat PC, kita tinggal pindahkan saja. Tidak ada komunikasi yang terputus selama berpindah," jelas Corporeau.

Soal biaya komunikasi, pengguna hanya dikenakan tarif GSM ketika menghubungi seseorang yang sedang memakai smartphone. Namun begitu kita meminta atau seseorang tersebut dengan kesadarannya berpindah ke PC, maka kontak tersebut dianggap telah terputus dan akses komunikasi selanjutnya adalah lewat internet.

Open Touch didesain dengan arsitektur komunikasi yang konvergen sehingga hanya dibutuhkan satu server saja dalam komunikasi. Rangkaian ini memanfaatkan SIP Server sebagai engine dan "conversation layer" sebagai otak dalam komunikasi. Dengan cara ini, suatu enterprise akan menghemat cost untuk komunikasinya.

Open Touch ditujukan untuk enterprise kelas menengah dan besar. Solusi akan diluncurkan mulai 7 November mendatang. Ada beragam paket layanan yang ditawarkan yang bisa mendukung mulai 1.500 pengguna. Alcatel Lucent juga mengembangkan solusi serupa Open Touch untuk Small and Medium Enterprise sehingga penggunaanya lebih optimal di segmen tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com