Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Lacak Posisi Bus Transjakarta secara Real-Time di Google Maps, Mudah

Kompas.com - 16/05/2024, 12:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Google Maps kini punya fitur baru yang mempermudah pengguna untuk naik transportasi bus TransJakarta (TJ). Di Google Maps, pengguna sekarang bisa melacak posisi bus TJ secara real-time.

Tak hanya bus TJ, posisi transportasi umum lain seperti MikroTrans alias angkot juga bisa dilacak di Google Maps secara real-time. Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara melacak posisi TransJakarta secara real time.

Baca juga: 2 Cara Mendaftarkan Alamat Rumah di Google Maps dengan Mudah dan Praktis

Untuk diketahui, fitur ini membuat pengguna bisa mengetahui kapan bus TransJakarta tiba di halte keberangkatan dan sampai di halte tujuan. Saat bus TJ berjalan, pengguna juga bisa tahu posisi terkini sesuai rutenya di Google Maps.

Lantas, bagaimana cara melacak posisi bus TransJakarta di Google Maps secara real-time? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara melacak posisi bus TJ di Google Maps secara real time.

Cara melacak posisi Transjakarta di Google Maps real-time

Cara melacak posisi TransJakarta di Google Maps real-time itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu klik halte yang akan jadi titik keberangkatan. Selanjutnya, Google Maps bakal menyajikan informasi mengenai estimasi kedatangan bus TJ dan posisi terkininya.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara melacak posisi bus TJ di Google Maps secara real time adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Maps di ponsel.
  • Setelah itu, cari halte bus TJ yang akan jadi titik keberangkatan.
  • Setelah ketemu, klik ikon halte bus TJ di peta Google Maps.
  • Selanjutnya, Google Maps akan menampilkan informasi lanjutan di jendela baru, yang berisi seluruh bus TJ dan nomornya dengan rute yang akan singgah di halte tersebut.
    Ilustrasi cara melacak posisi TransJakarta di Google Maps secara real time.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi cara melacak posisi TransJakarta di Google Maps secara real time.
  • Dari jendela itu, pengguna bisa memilih bus TJ sesuai rute tujuan.
  • Setelah itu, Google Maps akan menampilkan jadwal keberangkatan bus TJ di halte yang dipilih beserta estimasi waktu kedatangan di halte tujuan. Di masing-masing jadwal nantinya ada label "Live", yang menandakan bahwa posisi bus dilacak secara real-time.
  • Setelah memilih rute bus TJ, pengguna juga akan disajikan dengan ikon bus bergerak di sepanjang garis rute. Pergerakan ikon bus itu menandakan bus TJ yang hendak ditumpangi tengah melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lainnya secara real-time.

Ilustrasi cara melacak posisi bus TJ di Google Maps secara real time.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi cara melacak posisi bus TJ di Google Maps secara real time.

Baca juga: Cara Mendaftarkan Alamat Toko di Google Maps dengan Mudah dan Praktis

Cukup mudah bukan cara melacak posisi TransJakarta di Google Maps secara real time? Dengan cara di atas, pengguna tak perlu bingung ketika hendak naik bus TJ karena jadwal dan posisinya bisa dilacak secara langsung.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara melacak posisi bus TJ di Google Maps secara real time. Untuk penjelasan caranya yang lebih mudah, pengguna bisa menonton video tutorial di bawah ini, via Instagram melalui tautan ini, atau YouTube di tautan ini.

@kompastekno pejuang TJ, akhirnya kita bisa moveon dari trafi gara-gara fitur ini???????? #transjakarta #googlemaps #tutorial #fyp? #foryoupage #fyp ? original sound - Tekno Kompascom

Kemudian, sebagai informasi tambahan, selain menyajikan informasi terkini posisi bus TJ, Google Maps juga punya fitur untuk rekomendasi perjalanan dengan transportasi umum.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menentukkan hendak naik bus TJ apa untuk menuju lokasi tertentu. Jika hendak membuat rute perjalanan dengan bus TJ di Google Maps, berikut adalah penjelasan caranya.

Cara membuat rute perjalanan bus TJ di Google Maps

  • Buka aplikasi Google Maps di ponsel.
  • Atur rute perjalanan dengan memasukkan alamat keberangkatan dan tujuan.
  • Setelah rute terbuat, klik ikon kendaraan umum untuk membuat rute perjalanan dengan bus TransJakarta.
  • Selanjutnya, Google Maps akan menampilkan pilihan transportasi umum yang bisa diambil untuk menuju lokasi tujuan.
  • Setelah itu, klik ikon bus untuk melihat rute perjalanan dengan bus TJ.
  • Berikutnya, pengguna akan disajikan dengan informasi perjalanan menggunakan bus TJ, mulai dari petunjuk halte keberangkatan, nomor bus TJ, informasi turun di halte mana, estimasi biaya yang dikeluarkan, dan estimasi waktu tiba di tujuan.

Ilustrasi cara membuat rute perjalanan bus TJ di Google Maps.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi cara membuat rute perjalanan bus TJ di Google Maps.

Baca juga: Cara Melihat Google Maps Tahun Lama di HP dengan Mudah, Menarik buat Dicoba

Itulah cara membuat rute perjalanan bus TJ di Google Maps. Untuk diketahui, KompasTekno telah mendapatkan fitur pelacakan lokasi bus TJ secara real time di Google Maps iOS versi 6.115.1. Fitur ini bisa diakses di Android ataupun iPhone.

Jika belum mendapatkan fitur tersebut, pengguna bisa mencoba memperbarui versi Google Maps di masing-masing toko aplikasi resmi yang tersedia di ponsel.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com