Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Game untuk Menarik Keramaian

Kompas.com - 23/10/2011, 10:58 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Game telah mereduksi ke dalam berbagai bentuk. Mulai dari game console di rumahan, personal computer, online game, lalu beralih ke mobile, dan kini mulai dikembangkan untuk kebutuhan korporasi. Salah satu perusahaan yang melayani game untuk kepentingan korporasi adalah developer Logika Interaktif dari Bandung.

Bullit Sesariza membagikan pengalamannya ketika mengembangkan Logika Interaktif dalam seminar Indonesia bermain di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung. Logika Interaktif hingga kini telah memiliki 4 divisi besar, yakni A-Box, Holomoc, Manticore Studio, dan Board Game.

"Andalan kami adalah membuat game yang menarik perhatian orang untuk berkumpul," ujar Sesariza dalam seminar, Sabtu (22/10/2011).

Game yang dimaksud adalah game-game yang dikembangkan Logika Interaktif dalam proyek A-Box. Proyek ini menyediakan arcade game yang disewakan kepada korporasi ketika mengadakan acara-acara di pusat keramain seperti mal atau lapangan bola. Perusahaan-perusahaan besar seperti Yamaha dan Coca Cola pernah menggunakan layanan A-Box untuk event mereka.

"Game-game A-Box yang kami tawarkan mampu menarik perhatian orang-orang di tengah karamaian. Misalnya game yang bisa mengubah avatar dengan hanya berteriak-teriak. Setiap kali orang berteriak, maka avatar yang muncul akan berganti pakaian. Di akhir teriakan akan keluar skor apakah Anda termasuk kurang gila, gila, atau sangat gila," jelas Sesariza.

Selain itu, ada pula game tarik kerbau, yang membuat orang penasaran untuk menarik patung kerbau dan mendapatkan skor tingkat ketangkasan setelah menarik kerbau tersebut. Game-game A-Box ini dibawa ke Bandung dan dipamerkan di event Indonesia Bermain. Para pengunjung bisa mencoba langsung serunya permainan yang biasanya hanya ada di saat-saat tertentu ini.

Game lainnya yang dikembangkan Logika Interaktif adalah Holomoc. Holomoc merupakan layanan multimedia untuk membuat video mapping, yang membantu korporasi ketika hendak mengadakan acara besar misalnya membuatkan animasi untuk perubahan bentuk desain botol Coca-cola.

Selain itu, Logika Interaktif juga membuat Manticore Studio, yakni membantu publisher game untuk membangun game baru. Logika Interaktif akan membantu membangun game secara keseluruhan, dalam studio baru untuk mengembangkan game tersebut.

Terakhir adalah board game. Logika Interaktif sedang berencana untuk membuat board game portable sehingga bisa dipindahkan ke berbagai tempat. Fungsi game ini bisa digunakan korporasi dalam melakukan simulasi kepemimpinan dalam berbagai training, yang bekerja sama dengan psikolog.

Cerita yang dibagikan Sesariza merupakan inspirasi yang bisa menjadi bahan pemikiran para developer game, bahwa game tak melulu harus difokuskan untuk keperluan individu. Game masih memiliki peluang untuk masuk ke dalam korporasi, mulai dari membantu training karyawan, hingga launching produk. Ini peluang dari industri game yang mungkin belum banyak dikembangkan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com