Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Google Docs di HP dengan Mudah dan Praktis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara menggunakan Google Docs di HP (handphone). Pasalnya, dengan menggunakan Google Docs di HP, pengerjaan tugas mengolah atau menyusun teks menjadi lebih mudah.

Sebagaimana cukup umum diketahui, Google Docs merupakan program pengolah kata berbasis online yang dapat diakses di berbagai perangkat, termasuk HP, dengan menggunakan koneksi internet.

Di HP, Google Docs tersedia dalam format aplikasi. Lantaran berbasis online dan berformat aplikasi, pengguna dapat dengan mudah membuka Google Docs. Alhasil, pengguna bisa menyusun berbagai jenis teks kapan pun dan di mana pun cukup lewat HP.

Oleh karena itu, untuk membantu mempermudah pekerjaan pengolahan teks, pengguna perlu menguasai cara menggunakan Google Docs di HP. Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Docs di HP?

Tak semua pengguna mungkin telah menguasai langkah-langkah menggunakan Google Docs di HP. Akan tetapi, jika belum tahu langkahnya, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap soal cara menggunakan Google Docs di HP.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah mengenai langkah-langkah menggunakan Google Docs di HP dengan mudah dan praktis.

Langkah-langkah menggunakan Google Docs di HP

Terdapat langkah-langkah dasar dalam menggunakan Google Docs yang perlu diketahui pengguna, mulai dari cara mengakses hingga berbagi dokumen. Adapun beberapa cara menggunakan Google Docs di laptop adalah sebagai berikut.

1. Mengakses Google Docs

Langkah pertamanya adalah pengguna perlu mengakses Google Docs. Untuk mengakses Google Docs, pengguna harus memiliki akun Google atau akun Gmail. Setelah itu, pengguna dapat mengakses aplikasi Google Docs di HP.

Aplikasi Google Docs di HP bisa diunduh melalui masing-masing toko aplikasi resmi, App Store (iPhone) atau Play Store (Android). Setelah memiliki aplikasi Google Docs di HP, pengguna dapat membukanya dan login akun Google di aplikasi tersebut.

2. Membuat dokumen di Google Docs

Setelah berhasil login, pengguna dapat mulai membuat dokumen di Google Docs. Cara membuat dokumen di Google Docs cukup mudah. Pengguna tinggal klik ikon tambah yang terdapat pada halaman awal Google Docs dan pilih opsi “New Document”.

3. Mengedit teks di Google Docs

Setelah berhasil membuat dokumen baru di Google Docs, pengguna dapat mengedit teks dengan berbagai alat pemformatan yang tersedia, seperti pengaturan font, pengaturan format teks, pengaturan tata letak teks dalam halaman, dan masih banyak lagi.

Alat pemformatan ini tersedia di bagian bawah halaman dokumen Google Docs. Untuk menambahkan gambar atau tabel ke dokumen, pengguna bisa klik ikon tambah di halaman untuk mengakses menu Insert atau Sisipkan.

4. Menyimpan dan mengunduh dokumen di Google Docs

Dokumen yang selesai dibuat dan diedit bakal tersimpan secara otomatis di Google Docs. Jadi, pengguna tak perlu melakukan tindakan penyimpanan dokumen secara manual. Setiap perubahan di dokumen bakal langsung disimpan di Google Docs.

Perlu diketahui, penyimpanan di Google Docs ini berbasis Cloud dari Google Drive. Jadi, dokumen-dokumen yang tersimpan di Google Docs pada dasarnya bakal memakan ruang penyimpanan di Google Drive.

Selain menyimpan, pengguna juga dapat mengunduh dokumen di Google Docs supaya bisa dibuka secara offline di perangkat. Cara mengunduh dokumen di Google Docs itu mudah. Pengguna tinggal klik menu File dan pilih opsi “Download”.

Selanjutnya, pengguna bisa mengunduh dokumen itu dalam berbagai format, seperti Docx, RTF, PDF, atau EPUB.

5. Berbagi dokumen Google Docs

Di Google Docs, pengguna tak hanya bisa mengedit dokumen sendiri, tetapi pengguna juga bisa berkolaborasi bersama pengguna lain dengan membagikan dokumen. Untuk membagikan dokumen, pengguna bisa klik ikon titik tiga dan pilih opsi “Share & export”.

Kemudian, pilih opsi “Share”. Selanjutnya, pengguna bisa membagikan dokumen lewat tautan atau dikirim melalui alamat e-mail orang lain. Kemudian, pengguna bisa memberikan izin pada orang lain untuk turut bersama mengedit dokumen.

Itulah beberapa cara menggunakan Google Docs di HP yang mendasar dan perlu diketahui pengguna. Dengan memahami cara di atas, pengguna dapat lebih mudah mengoperasikan Google Docs di HP.

Selain cara menggunakannya, supaya lebih paham, pengguna kiranya juga perlu mengetahui fungsi Google Docs. Lantas, sebenarnya apa fungsi Google Docs? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah fungsi Google Docs yang perlu diketahui.

Fungsi Google Docs

Fungsi Google Docs secara umum mirip dengan program pengolah kata yang sudah cukup populer, yakni Microsoft Word. Fungsi Google Docs secara umum adalah untuk mengolah, mengedit, dan menyimpan dokumen.

Selain itu, terdapat beberapa fungsi Google Docs yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa fungsi Google Docs yang perlu diketahui.

1. Menulis dan mengedit teks

Fungsi Google Docs yang pertama adalah untuk menulis dan mengedit teks. Pengguna dapat memakai Google Docs untuk menulis dan mengedit teks dengan memakai berbagai alat pemformatan yang tersedia.

Ada banyak alat pemformatan yang tersedia di Google Docs, seperti pengaturan tata letak teks, pengaturan font, pengaturan format teks, dan masih banyak lagi.

2. Menambahkan dan mengedit gambar

Selain mengedit teks, Google Docs juga dapat digunakan untuk menambahkan dan mengedit gambar. Pengguna bisa menyisipkan gambar ke dokumen Google Docs dan melakukan beberapa pengeditan sederhana seperti mengatur tata letak dan ukurannya.

3. Membuat tabel

Ketiga, Google Docs dapat difungsikan pula untuk membuat dan menambahkan tabel pada dokumen Google Docs. Pengguna bisa menyisipkan tabel ke dokumen Google Docs dengan format tabel sesuai keinginan.

4. Menyimpan dokumen

Fungsi Google Docs yang berikutnya adalah menyimpan dokumen. Lewat Google Docs, pengguna bisa menyimpan dokumen secara online, sehingga dapat diakses kapan pun dan dari perangkat mana pun.

5. Berbagi dokumen dan mengedit bersama

Fungsi Google Docs yang kelima adalah berbagi dokumen dan mengedit bersama. Di Google Docs, pengguna bisa membagikan dokumen yang telah dikerjakannya ke pengguna lain. Kemudian, pengguna bisa memberikan izin untuk mengedit bersama dokumen yang dibagikan.

Itulah beberapa fungsi Google Docs yang perlu diketahui. Google Docs membuat pengolahan teks menjadi lebih mudah karena pengguna bisa mengakses dokumennya secara fleksibel, asalkan memiliki koneksi internet.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/09/16150007/cara-menggunakan-google-docs-di-hp-dengan-mudah-dan-praktis

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke