Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Cara Screenshot di Laptop untuk Windows dan Mac dengan Mudah

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara screenshot di laptop. Sebagaimana cukup umum diketahui, screenshot merupakan salah satu tindakan yang penting dalam mengoperasikan laptop.

Screenshot atau tangkapan layar adalah tindakan mendokumentasikan objek atau tampilan yang muncul di layar laptop. Cara screenshot di laptop berguna ketika pengguna hendak mendokumentasikan tampilan pesan, aplikasi, website, dan masih banyak lagi.

Dengan screenshot, pengguna bisa menyimpan tampilan-tampilan tersebut dalam format gambar. Lantaran punya fungsi yang penting, pengguna perlu mengetahui cara screenshot di laptop.

Lantas, bagaimana cara screenshot di laptop? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengambil tangkapan layar di laptop dengan mudah dan praktis.

Cara screenshot di laptop

Cara screenshot di laptop itu pada dasarnya cukup mudah. Namun, caranya bisa berbeda-beda antara di laptop berbasis Windows dan laptop berbasis MacOS (Mac). Secara umum, cara screenshot di laptop untuk WIndows dan Mac bisa dilakukan dengan dua cara.

Pertama, pengguna bisa screenshot laptop dengan menekan tombol shortcut di keyboard. Kemudian, cara yang kedua adalah pengguna dapat menggunakan aplikasi bawaan dengan fitur screenshot yang terdapat di laptop.

Adapun penjelasan lebih detail soal cara screenshot di laptop, baik untuk Windows maupun Mac, adalah sebagai berikut.

Cukup mudah bukan cara mengambil tangkapan layar di laptop? Melalui beberapa cara di atas, pengguna dapat dengan mudah dan cepat mendokumentasikan objek atau tampilan yang muncul di layar laptop.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara screenshot di laptop, baik untuk Windows maupun Mac, dengan mudah dan cepat, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/17/14150097/12-cara-screenshot-di-laptop-untuk-windows-dan-mac-dengan-mudah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke