Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet dan Smartphone HP Tak Gunakan Merek Palm

Kompas.com - 10/02/2011, 10:08 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) akhirnya secara resmi mengumumkan debut perangkat berbasis WebOS dari Palm yang diakuisisinya tahun lalu. Tidak tanggung-tanggung tiga produk diluncurkan sekaligus dalam acara di San Francsisco, AS, Rabu (9/2/2011).

Namun, tak satupun yang menggunakan merek Palm. Ketiga produk berbasis WebOS itu telah menggunakan merek HP. Masing-masing smartphone HP Veer, HP Pre 3, dan HP TouchPad. Ketiganya mewakili WebOS ukuran S,M, dan L.

Pertama, HP Veer merupakan turunan Palm Pre. Ukurannya mungil dan dapat digunakan dengan satu genggaman tangan. Modelnya sliding dengan keypad QWERTY. Meski kecil, fitur-fiturnya tak kalah bersaign dengan memori 8 GB, prosesor Qualcomm Snapdragon 800 MHz, mendukung WiFi dan HSPA+, serta dilengkapi sensor accelerometer, proximity, dan cahaya. Perangkat ini juga bisa difungsikan sebagai mobile hotspot.

Kedua, HP Pre 3. Perangkat dengan layar lebih besar yakni 3,6 inci 800x480 piksel ini ditujukan untuk kalangan profesional. Prosesornya lebih kencang dengan Qualcomm Snapdragon 1,4 GHz, memori 8 GB atau 16 GB, serta mendukung jaringan data HSPA+ maupun EVDO Rev A dan WiFi. Modelnya juga sliding dengan keyboard QWERTY akan muncul saat layarya digeser ke atas. Dilengkapi kamera depan untuk video call dan belakang 5 MP dengan LED flash dan autofokus yang dapat merekam video HD.

Ketiga, HP TouchPad. Inilah yang ditunggu-tunggu, tablet pertama dengan WebOS. Bertanya kurang dari 1 kg dan hanya setebal 1,3 cm. Ukuran layarnya 9,7 inci dengan resolusi 1024 x 768 piksel. Prosesornya Qualcomm Snapdragon 1,2 GHZ dan pilihan kapasitas memorinya 16 GB atau 32 GB. Koneksinya WiFi dan Bluetooth 2.1+EDR. Dilengkapi kamera depan 1,3 MP untuk videoconference dan mendukung video call.

Kualitas suaranya didukung speaker stereo dan teknologi Beats Audio dari Dr. Dre. Browser webnya mendukung Flash dan Open GL. HP menggandeng Amazon for Kindle untuk menyediakan konten e-book dan sejumlah penerbit seperti Majalah Time, Fortune, dan Sport Illlustrator.

TouchPad juga dirancang bekerja simultan dengan smartphone sehingga penggunanya dapat melakukan panggilan dari tablet tersebut dan membaca email langsung. Bahkan dalam salah satu demo saat Pre 3 didekatkan ke TouchPad dan digerakkan, halaman web di tablet tersebut seolah berpindah ke Pre 3. TouchPad akan tersedia dalam versi WiFi, 3G, maupun 4G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com