Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Positif Eropa Semangati Wall Street

Kompas.com - 25/05/2012, 07:12 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Kabar positif yang datang dari benua Eropa memacu pasar saham AS lebih bersemangat pada perdagangan Kamis (24/5/2012) waktu setempat. Tak heran, dua bursa utama Wall Street berhasil berbalik arah dan menutup transaksi di teritori hijau.

Indeks Standard & Poor's 500 menguat 0,1 persen ke level 1.320,68 pada pukul 4 sore di New York. Padahal, indeks acuan saham AS ini sempat tumbang 0,6 persen di awal perdagangan. Kemudian, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,3 persen ke posisi 12.529,75. Namun, indeks bursa saham teknologi, Nasdaq masih tergelincir 0,4 persen ke level 2.839,38.

Pasar terlihat lebih optimis, setelah Perdana Menteri Italia Mario Monti menyebutkan, Yunani kemungkinan akan tetap berada di euro, dan mayoritas pemimpin di kawasan itu mendukung penerbitan obligasi bersama. "Eropa bisa segera menerbitkan obligasi kolektif. Italia akan membantu mendorong Jerman untuk mendukung ide tersebut," ujarnya, kemarin.

Nah, sinyal positif dari Uni Eropa itu mampu mengimbangi kekhawatiran yang muncul sebelumnya soal perlambatan ekonomi China. Tiga pejabat pemerintah menyebutkan, bank terbesar di negara itu mungkin menurunkan target pinjaman untuk pertama kali dalam tujuh tahun terakhir, di tengah perlambatan ekonomi.

Dan veru, kepala investasi dari Palisade Capital Management LLC menilai, pasar sudah turun, namun belum tentu itu terjadi karena pertumbuhan yang melambat signifikan. Melainkan karena potensi kekacauan di euro. "Yunani tidak akan keluar dari euro. Tidak ada mekanisme untuk melakukan itu," ujarnya. (Dupla Kartini/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com