Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, Pengguna Ponsel Mulai Lampaui PC

Kompas.com - 25/05/2012, 14:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pengguna ponsel diperkirakan akan melampaui jumlah pengguna personal computer (PC). Namun hal tersebut baru akan terjadi pada 2013 mendatang.

Berdasarkan riset dari Morgan Stanley, jumlah pengguna ponsel dan desktop atau PC yang digunakan untuk berinternet akan bersinggungan pada tahun 2013. Setelah itu, jumlah pengguna ponsel akan melebihi pengguna PC dengan tujuan yang sama.

"Tren penggunaan ponsel untuk mengakses internet akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan mulai tahun mendatang," kata Country Cloud Leader IBM Indonesia Kurnia Wahyudi saat acara seminar  "Cloud Goes Mobile Are You Ready?" di Balai Kartini Jakarta, Rabu (23/5/2012).

Hingga saat ini, jumlah perangkat ponsel yang digunakan untuk internet di seluruh dunia mencapai 1,3 miliar unit. Sementara jumlah pengguna PC mencapai 1,5 miliar unit.

Diperkirakan pada tahun 2013 nanti, jumlah pengguna ponsel maupun PC atau desktop yang digunakan untuk tujuan internet akan bersinggungan dan menyentuh angka 1,6 miliar juta unit, baik ponsel maupun PC.

Sementara di tahun 2015, jumlah pengguna ponsel diperkirakan akan mencapai 2 miliar unit dan pengguna PC hanya mencapai 1,7 miliar unit.

"Ke depan perangkat mobile yang mendukung koneksi internet akan meningkat 10 kali lipat dibandingkan PC atau desktop dengan fungsi yang sama," tambahnya.

Dengan peningkatan jumlah perangkat yang terkoneksi dengan internet, maka hal tersebut juga akan menimbulkan masalah baru. Di antaranya keamanan (security), biaya untuk pengembangan platform mobile hingga integrasi layanan cloud ke perangkat mobile.

Sehingga, para vendor, operator, penyedia infrastruktur bahkan pengguna bisa menyiapkan diri mulai sekarang untuk menghadapi tantangan tersebut.

"Itulah tantangan yang sekaligus akan menjadi peluang bisnis baru di masa depan," tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com