Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lumia 900 Dijual Setengah Harga di AS

Kompas.com - 17/07/2012, 06:28 WIB

KOMPAS.com Nokia memotong harga smartphone Windows Phone tercanggihnya, Lumia 900, di Amerika Serikat (AS). Baru tiga bulan dirilis di AS, harga Lumia 900 dipotong setengahnya dari 99 dollar AS menjadi 49,99 dollar AS (sekitar Rp 470.000).

Lumia 900 yang didiskon itu dijual oleh operator seluler AT&T. Pelanggan yang membeli diharuskan berlangganan layanan seluler AT&T selama 2 tahun. Sistem ini biasa disebut sistem kontrak.

"Pemotongan harga adalah bagian dari manajemen siklus hidup kami yang berkelanjutan, yang dilakukan secara bersama-sama antara Nokia dan pelanggan operator," ujar juru bicara Nokia, Keith Nowak, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (15/7/2012).

Lumia 900 berjalan dengan sistem operasi Windows Phone 7.5 (Mango) dari Microsoft. Ia diperkuat dengan prosesor single core 1.4GHz, RAM 512MB, bentang layar 4,3 inci, memori internal 16GB, dan baterai berkapasitas 1.830mAh.

Fitur lainnya, smartphone ini dilengkapi kamera bersensor 8MP dengan lensa Carl Zeiss 28 f/2.2 dan kamera depan, serta mendukung jaringan 4G LTE.

Sayangnya, Lumia 900 yang berjalan dengan Windows Phone 7.5, dipastikan tidak dapat di-update ke sistem operasi Windows Phone 8. Hal ini dikarenakan perbedaan inti program (kernel) antarkedua sistem operasi tersebut. Kernel bertugas mengorganisasi jalannya beragam aplikasi agar dapat diakses oleh hardware.

Windows Phone 7.5 menggunakan kernel Windows CE, sementara Windows Phone 8 menggunakan kernel Windows NT, sebuah kernel yang juga digunakan di sistem operasi Windows 8 untuk komputer pribadi dan tablet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com