Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2014, 11:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET

 

KOMPAS.com — Makin tinggi nyiur, makin kencang angin yang berembus. Jejaring sosial Path memang sedang menuai popularitas. Bahkan baru-baru ini jejaring sosial tersebut mendapatkan investasi dari pengusaha Indonesia.

Namun, popularitas Path tersebut digunakan sekelompok orang untuk kepentingan tertentu.

Pada Kamis (16/1/2014), Path mengatakan melalui akun Twitter resminya bahwa pihaknya telah mengalami serangan spam atau pesan sampah.

"Beberapa pengguna kami telah menerima pesan sampah sebagai bagian dalam serangan cyber ini, namun data personal pengguna tetap aman," demikian tanggapan resmi Path.

Dikutip dari Cnet, pesan sampah yang menyerang sebagian pengguna Path tersebut masuk ke dalam fitur Messages, di mana pengguna biasa melakukan percakapan.

Akun yang tak dikenal tiba-tiba akan muncul dan menampilkan pesan yang kesannya menggoda.

Spam di Path

Path tidak merinci secara detail berapa tepatnya jumlah pengguna yang terkena spam, serta dugaan siapa pelaku penyebar pesan sampah tersebut.

Tahun lalu, pengguna Path juga melaporkan keanehan yang dialami saat menggunakan jejaring sosial ini. Aplikasi Path dilaporkan mengirim SMS ke beberapa kontak yang terdapat di dalam smartphone.

Pesan tersebut berisi ajakan untuk bergabung dalam jejaring mereka. Namun, Path menampik melakukannya dengan memberikan alasan bahwa hal tersebut terjadi karena kesalahan operator seluler.

Serangan terhadap jejaring sosial lain juga baru-baru ini terjadi pada Snapchat. Banyak yang melaporkan bahwa akun milik mereka kebanjiran pesan sampah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com