Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata IJBOL yang Sering Digunakan di Media Sosial

Kompas.com - 02/05/2024, 15:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Penggunaan kata-kata tertentu atau akronim di media sosial kerap kita jumpai. Penggunaan istilah-istilah tren tersebut tak hanya karena keramaian tren tertentu. Umunya kata-kata tersebut digunakan untuk mengutarakan berbagai ekspresi. Mulai dari ekspresi kaget, senang, atau menertawakan suatu hal. 

Misalnya saja kata IJBOL yang ramai digunakan di beberapa media sosial. Salah satunya pada utas berikut ini di platform X. Utas tersebut menyematkan kata IJBOL pada captionnya disertai dengan video lucu terkait reality show asal Korea disertai dengan emoji tertawa.

Lantas apa arti IJBOL yang sering digunakan pengguna media sosial? Apa makna dan bagaimana penggunaannya? Selengkapnya berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Arti Kata “Core”, Bahasa Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

Arti kata IJBOL

IJBOL sendiri merupakan salah satu English Slang atau kata slang yang kerap digunakan pengguna, khususnya para Generasi Z (Gen Z). Seperti yang diketahui bahwa Gen Z sendiri merupakan kelompok demografis yang lahir antara akhir tahun 1990-an hingga awal 2010-an.

Kata slang ini juga merupakan akronim dari “I just burst out laughing". Dilansir dari Axios, kata IJBOL biasanya digunakan pengguna untuk mengekspresikan kalimat atau konteks candaan tertentu.

Kata ini juga memiliki makna senada dengan slang ekspresi tertawa lainnya seperti LOL, LMAO, ROFL, dan lainnya.

I just burst out laughing” jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “Saya tiba-tiba tertawa terbahak-bahak”. Kata ini erat dikaitkan dengan konteks pengguna yang ingin mengekspresikan kalimat dengan konteks candaan.

Makna dan contoh penggunaan kata IJBOL

I just burst out laughing” atau dapat diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai “Saya tiba-tiba tertawa terbahak-bahak” ini bisa dimaknai seseorang yang tiba-tiba menertawakan suatu hal.

Salah satunya karena adegan film yang lucu atau perilaku seseorang yang dirasa menggelitik. Istilah ini juga sering dipakai anak muda di media sosial, khususnya para penggemar K-Pop, untuk menanggapi konten lucu terkait idola mereka.

Mirip dengan kata gaul lain seperti "ngakak", "ngakak banget", atau "lucu banget", ijbol bisa digunakan dalam berbagai situasi di mana Anda menemukan sesuatu yang sangat menggelikan.

Selain penggunaan pada utas X di atas, berikut ini contoh penggunaan kata IJBOL dalam berbagai konteks kalimat.

Contoh penggunaan kata IJBOL

  • Menggambarkan tingkat kelucuan yang tinggi: "Film ini lucu banget! IJBOL sampe perutku sakit."
  • Mengganti kata gaul lain: “Aku nonton drama baru dan ternyata seru banget! IJBOL (alias ngakak abis)
  • Menanggapi konten lucu: Misalnya saja Anda ingin membuat Twit dengan kalimat “Lihat tingkah idolku yang kocak abis! IJBOL”

Itulah uraian mengenai arti kata IJBOL yang sering digunakan di media sosial. Meski umumnya sering digunakan para penggemar K-Pop, IJBOL dapat digunakan untuk berbagai konteks sesuai keinginan dan preferensi pengguna.

Baca juga: Arti Kata NT, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos dan Game

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com