Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensor Kamera Galaxy S8 Dipasok Dua Vendor?

Kompas.com - 04/04/2017, 06:48 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Sensor kamera pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus digadang-gadang berasal dari dua vendor, yakni Sony dan System LSI. System LSI sendiri diketahui merupakan anak usaha Samsung.

Pembagian sensor tersebut berdasarkan negara pemasaran, namun belum diketahui pasti negara mana yang mendapat sensor Sony maupun System LSI.

Untuk kamera belakang, sensor Sony yang digunakan berjenis IMX333. Sementara sensor dari System LSI bertipe S5K2L2 ISOCELL.

Meski berbeda, kedua sensor memiliki kualitas yang relatif mirip dan memenuhi standar untuk kamera Galaxy S8 dan S8 Plus, sebagaimana dilaporkan Sammobile dan dihimpun KompasTekno, Selasa (4/4/2017).
 
Masing-masing berukuran 1/2.55 inci, beresolusi 12,2 megapiksel, memiliki bukaan F1.7, perekaman video 4K, OIS, dan phase-detection autofocus dengan piksel ganda.

Tak cuma di sisi belakang, sensor kamera depan duet Galaxy S8 dan S8 Plus pun terbagi. Ada yang berjenis IMX320 dari Sony, ada juga yang menggunakan S5K3H1 dari System LSI.

Lagi-lagi kualitas kedua sensor itu sama, yakni beresolusi 8 megapiksel, memiliki kemampuan autofocus, perekaman QHD, dan EIS.

Samsung memang kerap mengambil dua sumber vendor untuk komponen smartphone-nya, baik sensor kamera maupun chipset. Sebelumnya, sensor kamera pada seri Galaxy S6 dan Galaxy S7 juga berasal dari dua vendor.

Meski demikian, Samsung sendiri belum mengiyakan soal pembagian sensor berdasarkan wilayah ini. 

Baca: Begini Hasil Jepretan Kamera Galaxy S8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com