Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rovio Pertimbangkan Investasi Baru 1,2 Miliar Dollar

Kompas.com - 16/08/2011, 19:29 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Rovio Entertainment, pencipta Angry Birds, salah satu permainan dalam ponsel yang populer, sedang dalam pembicaraan untuk menerima dana investasi. Menurut dua sumber yang mengetahui diskusi itu, investasi ini bisa meningkatkan nilai perusahaan hingga 1,2 miliar dollar AS.

Sumber anonim itu juga mengatakan, pengembang game yang berbasis di Espoo, Finlandia, ini mempertimbangkan untuk mengambil investasi strategis dari sebuah perusahaan yang juga bergerak dalam bisnis hiburan. "Nama perusahaan tak bisa diungkapkan, karena Rovio telah menolak tawaran serupa dari investor institusi besar," kata sumber tersebut.

Rovio pun akan menggunakan dana baru ini umuk modal ekspansinya. Perusahaan berencana untuk mernbuat film Angry Birds dan membuka kantor di luar Finlandia. Mereka juga berusaha memanfaatkan popularitas mereknya di berbagai negara, seperti China, dengan menjual boneka dan pakaian di 200 peritel.

Michael Pachter, Direktur Riset Wedbush Securities Inc mengakan, para investor yang ingin menanamkan modalnya di Rovio, kemungkinan besar adaiah pengembang game Electronic Arts Inc dan Zynga Inc. Selain itu, ada raksasa media News Corp dan perusahaan pemilik taman bermain terbesar di dunia, Walt Disney Inc.

"Perusahaan ini juga dapat membantu Rovio memperoleh klien-klien baru," ujarnya.

Pachter pun melihat kemungkinan, jika Disney akan mengambil Angry Birds dan membawanya dalam salah satu tema taman bermain, dan film. "Zynga pun bisa mengambil Angry Bird dan memasukkannya dalam Farmville," kata Pachter.

Sayang, Sini Matikainen, Juru Bicara Rovio menolak memberi konmentar soal rencana pendanaan perusahaan. Maret lalu, Rovio mendapat suntikan 42 juta dollar AS dari pendiri Skype, Niklas Zennstrom dan Facebook Inc. (Kontan/J. Ani Kristanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com