Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jejaring Sosial Khusus Penggemar Manchester United

Kompas.com - 04/11/2011, 10:36 WIB

KOMPAS.com - Manchester United, tim sepak bola asal Inggris mengumumkan bahwa mereka akan membuat website jejaring sosial sendiri untuk menampung lebih dari 500 juta penggemarnya di seluruh dunia.

Seperti yang dikutip dari Brand Republic, Manchester United (MU) menginginkan jaringan baru untuk "meningkatkan interaksi dengan para fans dan masuk ke pasar Asia, di mana Manchester United memiliki pengikut yang fanatik dan penggunaan smartphone yang semakin meningkat."

Jejaring sosial baru ini akan menawarkan konten multimedia, seperti video pemain bintang MU dan cuplikan pertandingan dari channel MUTV. Tujuan MU menciptakan jejaring sosial khusus ini tentu untuk mendapatkan pendapatan tambahan dari pemasangan iklan, penjualan merchandise secara online, dan pemasaran branding MU.

Manchester United mempercayakan SapientNitro, sebuah perusahaan pemasaran layanan terpadu untuk menangani strategi digital, komunikasi pemasaran digital, dan pengalaman online. Selama beberapa tahun terakhir, SapientNitro telah dipercayakan menangani pemasaran dan teknologi untuk Air Canada, AT & T, Burger King, Citi, Coca-Cola, JCPenney, Kraft, dan Mercedes AMG.

Yang cukup menarik, seperti yang dikutip dari The Next Web,sebenarnya "pengaruh" Manchester United di Twitter sangat rendah bila dibandingkan dengan tim sepak bola Eropa lainnya. Sedangkan di Facebook, MU "hanya" memiliki 20 juta member yang "like", dari total 500 juta penggemarnya di seluruh dunia.

Bagaimana Manchester United meyakinkan 500 juta atau minimal 20 juta penggemarnya ini untuk pindah ke jejaring sosial milik mereka tersebut, kita tunggu saja beberapa bulan ke depan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com