Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prototipe iPhone Hilang, Pekerja Itu pun Bunuh Diri

Kompas.com - 22/07/2009, 09:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabar menyedihkan datang dari Cina hanya beberapa jam sebelum Apple menyajikan laporan pendapatan kuartal tiganya. Seorang pekerja bernama Sun Danyong di fasilitas manufaktur Foxconn telah bunuh diri. Lalu apa hubungannya dengan Apple?

Pria berusia 25 tahun itu bertanggung jawab atas pengiriman prototipe Apple iPhone di lokasi manufaktur utama Apple iPod dan iPhone tersebut. Namun Sun Danyong kehilangan satu prototipe iPhone generasi keempat itu. Dia hanya menemukan 15 unit dari total 16 unit yang harus dikirimkan. Diperkirakan tak tahan dengan tekanan-tekanan kepada dirinya maupun keluarga akibat kehilangan tersebut, Sun Danyong kemudian memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Bagaimana tanggapan Apple? Biasanya Apple menolak berkomentar tentang gosip atau produk yang akan dirilisnya. Akan tetapi melalui CNET, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengkonfirmasikan kematian pekerja muda tersebut. Jubir Apple juga mengatakan mereka masih menunggu hasil investigasi kematian Sun Danyong. Ia juga mengatakan bahwa Apple mengharuskan para pemasoknya untuk memperlakukan semua pekerjanya secara terhormat dan berharga diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com