Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canon Beli Oce, Produsen Mesin Fotokopi dan Printer dari Belanda

Kompas.com - 17/11/2009, 10:36 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Produsen printer asal Jepang, Canon, berniat membeli Oce, perusahaan pembuat mesin fotokopi dan printer asal Belanda, seharga 730 juta Euro atau 8,60 Euro per saham.

"Melalui merger antara Canon dan Oce, kami percaya akan memperoleh banyak manfaat, baik dalam bidang R&D, produk baru, dan pemasaran," ajar Tsuneji Uchida, Chief Operation Officer Canon, Senin (16/11).

Menurut Rokus van Iperen, Chief Executif Oce, jika menghitung pengambilalihan utang dan kewajiban obligasi Oce lainnya, nilainya mencapai 1,5 miliar dollar AS. Di negeri kincir angin, Oce merupakan pesaing Xerox dan Konica Minolta.

Para analis mengatakan, kesepakatan ini akan mendatangkan pengaruh negatif bagi Konica. Sebab, Konica mempunyai bisnis afiliasi dengan Oce pada produksi printernya. Konica Minolta mengisi produk high-end Oce, sementara Oce mengisi produk low end Konica.

"Bisa jadi, Canon akan menggantikan posisi Konica dalam bisnis ini," kata Ryosuke Katsura, analis dari Mizuho Securities. (J. Ani Kristanti/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com