Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata Rombak Susunan Direksi dan Dewan Komisaris

Kompas.com - 05/05/2024, 10:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan operator seluler XL Axiata baru saja melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2024 secara daring, Jumat (3/5/2024). Rapat ini menghasilkan perubahan susunan Direksi dan Dewan Komisaris XL Axiata.

Perubahan tersebut terkait dengan pengangkatan satu Direktur baru, satu orang anggota Komisaris, dan dua anggota Komisaris Independen sebagai pengganti dari Komisaris yang telah purna jabatan.

Adapun Direktur baru yang ditunjuk adalah Rico Usthavia Frans, yang sebelumnya menjabat sebagai Chief IT, Digital, and Analytics di XL Axiata pada bulan September 2023. Sebelum bergabung ke XL Axiata, Rico pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Mitrael Tbk. Link Aja, Awan Tunai, Centre Park, dan Qoora.

Baca juga: Merger XL Axiata-Smartfren, Siapa Berkuasa?

Ia juga pernah menggeluti dunia perbankan saat menjabat sebagai Country Marketing Director Citibank hingga 2010. Rico juga pernah menjabat sebagai SVP Electronic and Transaction Banking dan IT Director di Bank Mandiri hingga 2021.

Adapun Komisaris Independen yang telah purna jabatan adalah Yasmin Stamboel Wirjawan dan Muliadi Rahardja. Sebagai gantinya, Yasmin Aladad Khan dan Didi Syafruddin Yahya diangkat menjadi Komisaris Independen.

Selain itu, XL Axiata juga menunjuk Nik Rizal Kamil Nik Ibrahim Kamil sebagai anggota Komisaris untuk periode 2024-2029. Susunan Direksi dan Dewan Komisaris XL Axiata terbaru, efektif sejak RUPS ditutup sampai berakhirnya periode jabatan anggota Direksi dan Dewan Komisaris baru, pada penutupan RUPS Tahunan 2029 mendatang.

(ki-ka) Direktur & Chief Financial Officer XL Axiata, Feiruz Ikhwan, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Presiden Komisaris XL Axiata, Dr. Muhamad Chatib Basri, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Direktur & Chief IT Digital XL Axiata, Rico Usthavia Frans, Direktur & Chief Commercial Officer -Commerce XL Axiata, David Arcelus Oses, dan Direktur & Chief Commercial Officer-Home Convergence XL Axiata Abhijit J. Navalekar dalam acara RUPS Tahunan 2024 PT XL Axiata Tbk di Jakarta, Jumat (3/5).
XL Axiata (ki-ka) Direktur & Chief Financial Officer XL Axiata, Feiruz Ikhwan, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Presiden Komisaris XL Axiata, Dr. Muhamad Chatib Basri, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Direktur & Chief IT Digital XL Axiata, Rico Usthavia Frans, Direktur & Chief Commercial Officer -Commerce XL Axiata, David Arcelus Oses, dan Direktur & Chief Commercial Officer-Home Convergence XL Axiata Abhijit J. Navalekar dalam acara RUPS Tahunan 2024 PT XL Axiata Tbk di Jakarta, Jumat (3/5).

Berikut susunan Direksi dan Dewan Komisaris XL Axiata periode 2024-2029:

Direksi XL Axiata

  • Presiden Direktur: Dian Siswarini
  • Direktur: Yessie Dianty Yosetya
  • Direktur: Feiruz Ikhwan
  • Direktur: David Arcelus Oses
  • Direktur: Abhijit Jayant Navalekar
  • Direktur: I Gede Darmayusa
  • Direktur: Rico Usthavia Frans

Dewan Komisaris XL Axiata

  • Presiden Komisaris: Dr. Muhamad Chatib Basri
  • Komisaris: Vivek Sood
  • Komisaris: Dr. Hans Wijayasuriya
  • Komisaris: Nik Rizal Kamil Nik Ibrahim Kamil
  • Komisaris Independen: Julianto Sidarto
  • Komisaris Independen: Yasmin Aladad Khan
  • Komisaris Independen: Didi Syafruddin Yahya

Baca juga: Telkomsel, XL, Indosat Catatkan Kenaikan Trafik Data Selama Lebaran 2024

Pembagian dividen

Selain mengumumkan jajaran Direksi dan Dewan Komisaris terbaru, RUPS XL Axiata juga mengumumkan pembagian dividen bagi para pemegang saham dengan total sekitar Rp 635,5 miliar atau 50 persen dari keuntungan setelah penyesuaian. Nilai itu juga setara dengan Rp 48,6 per lembar saham.

"Keputusan perseroan untuk memberikan dividen merupakan wujud apresiasi kepada pemegang saham yang telah mendukung perusahaan untuk dapat terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini" jelas Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Minggu (5/5/2024).

Dian menambahkan, sisa dari keuntungan lainnya akan digunakan sebagai Alokasi Cadangan Umum sebesar Rp 100 juta dan selebihnya akan dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com