Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Siapkan Tombol "Kentut" di HP Android

Kompas.com - Diperbarui 06/05/2024, 10:57 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google bakal menambahkan tombol "kentut" ke aplikasi telepon miliknya yang bernama "Phone by Google".

Tombol "kentut" ini merupakan bagian dari fitur baru yang akan datang, bernama "Audio Emoji". Kehadiran fitur ini pertama kali ditemukan oleh outlet media 9to5Google.

Pada dasarnya, fitur Audio Emoji bakal menghadirkan animasi beserta efek suara dari beberapa emoji, seperti tepuk tangan, tertawa, berpesta, menangis (efek suara trombon sedih), kentut, dan Ba Dum Tss.

Google, dalam pengaturan aplikasi Telepon, menjelaskan bahwa fitur Audio Emoji ini hadir untuk "mengskspresikan emosi dan suasana hati saat sedang menelepon".

Baca juga: Google PHK Programer Jelang Acara Besar Pesta Developer Google I/O 2024

Google merilis fitur Audio Emoji di aplikasi telepon Phone by Google. Salah satunya ada tombol kentut untuk memberikan animasi dan efek suara kentut ketika teleponan.Clifford Colby/CNET Google merilis fitur Audio Emoji di aplikasi telepon Phone by Google. Salah satunya ada tombol kentut untuk memberikan animasi dan efek suara kentut ketika teleponan.
Fitur Audio Emoji bisa diakses lewat tab "Audio Emoji" yang muncul di layar saat teleponan atau bisa diakses di menu "More". Nantinya, akan ada enam emoji yang muncul seperti disebutkan di atas.

Ketika emoji diklik, penelepon dan penerima telepon akan melihat animasi sekaligus efek suara dari emoji yang diklik.

Tampaknya, ada batasan seberapa sering pengguna mengeklik fitur Audio Emoji ini. Jadi, pengguna tidak bisa spam atau menghujani penerima telepon dengan animasi dan efek suara Audio Emoji.

Audio Emoji diluncurkan melalui pembaruan aplikasi Phone by Google terbaru di saluran beta, versi 128. Kemungkinan akan diluncurkan untuk semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Baca juga: Google Blokir 2,2 Juta Aplikasi Berbahaya yang Ancam Pengguna Android

Perlu digarisbawahi, fitur ini hadir untuk aplikasi teleponan Google Phone, bukan dialer telepon bawaan ponsel. Untuk bisa mencoba fitur Audio Emoji saat teleponan, pengguna mesti mengunduh aplikasi Google Phone di Play Store dan menjadikannya sebagai dialer default di HP Android kalian.

Selanjutnya, pengguna perlu mendaftar program beta. Setelah itu, buka aplikasi Play Store, tekan foto profil di kanan atas, buka "Kelola aplikasi & perangkat" > "Pembaruan tersedia" dan perbarui aplikasi Phone by Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Minggu (5/5/2024).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com