Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Game Mobile" Tak Akan Telan "Game Handheld"

Kompas.com - 27/08/2012, 15:56 WIB
AP/CASEY RODGERS

KOMPAS.com – Meskipun pasar game mobile meningkat, pasar game handheld tak akan musnah. Hal ini diyakini Satoru Iwata, pimpinan perusahaan game Nintendo.

Pernyataan ini didukung angka penjualan mesin game handheld Nintendo 3DS yang mencapai 19 juta unit (hingga Juni 2012). Iwata juga menambahkan, game untuk 3DS terjual 10.5 juta unit pada 14 bulan pertama.

“Saya rasa hal ini adalah bukti bahwa meskipun terjadi peningkatan penjualan smartphone dan tablet, perangkat game handheld masih tetap laku di pasaran,” tegas Iwata.

Pemain game handheld, seperti Nintendo 3DS atau PlayStation Vita, menurut Iwata berbeda dengan pemain game mobile. Gamer handheld dikatakan masih setia membeli game meski banyak game gratis di mobile.

Iwata melihat tingginya minat untuk tetap membeli game di perangkat handheld akibat perbedaan sifat game yang dimainkan di kedua platform tersebut. Menurutnya, game di smartphone dan tablet sekadar “pengisi waktu”. Sedangkan game handheld memberikan pengalaman bermain yang lebih serius dan kaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com