Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Ambil Alih WebOS dari HP

Kompas.com - 26/02/2013, 14:25 WIB

AP Photo Todd Bradley, Hewlett Packard Executive Vice President Personal Systems Group (kanan), membawa HP TouchPad, sementara Jon Rubinstein, Palm Senior Vice President and General Manager, membawa HP Veer dan HP Pre 3.

 

KOMPAS.com — Keinginan Hewlett-Packard (HP) untuk melepas salah satu lini bisnisnya yang kurang menguntungkan, WebOS, akan segera terwujud. Perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan, LG, telah mencapai kesepakatan dengan HP untuk membeli sistem operasi mobile tersebut.

Tidak disebutkan berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh LG untuk mengakuisisi sistem operasi ini. Namun, LG dipastikan akan mendapatkan source code, dokumen yang berkaitan, tenaga kerja, dan situs WebOS.

Dengan dibelinya sistem operasi ini, apakah LG akan meluncurkan produk tablet dan smartphone berbasis WebOS? Sayangnya tidak. Dikutip dari CNET, Selasa (26/2/2013), LG berencana untuk menggunakan WebOS hanya pada perangkat Smart TV saja.

Untuk perangkat mobile sendiri, LG tampaknya masih akan berfokus ke produk smartphone berbasiskan Android.

WebOS adalah sistem operasi mobile berbasis Linux yang sebelumnya dikembangkan oleh Palm untuk perangkat-perangkatnya.

Palm kemudian diakuisisi oleh HP tahun 2010. Produsen komputer ini sempat merilis beberapa model perangkat berbasis webOS seperti tablet TouchPad dan smartphone HP Palm Pre.

Sayangnya, kedua produk tersebut tidak mendapatkan perhatian dari konsumen di pasaran sehingga HP memutuskan untuk menghentikan pengembangan sistem operasi ini dan merelakan WebOS menjadi platform "terbuka" atau open-source.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com