Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri dengan Mudah dan Praktis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan untuk mengatasi masalah-masalah yang umum terjadi pada layar HP (handphone), terutama jenis touchscreen. Salah satunya seperti cara mengatasi layar HP bergerak sendiri alias ghost touch.

Layar HP touchscreen dalam kondisi normal perlu diusap atau digerakkan dengan jari pengguna supaya dapat beroperasi. Dalam kondisi normal pula, pergerakan layar HP akan mengikut arah usapan jari pengguna.

Akan tetapi, saat masalah ghost touch terjadi, layar HP bisa bergerak sendiri walaupun tidak disentuh atau diusap pengguna. Kemudian, layar HP juga bisa bergerak, tetapi tidak sesuai dengan arah usapan jari pengguna.

Dengan kondisi yang demikian, saat masalah layar HP bergerak sendiri terjadi, pengguna mungkin bakal cukup kerepotan. Pasalnya, layar touchscreen HP merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat navigasi pengguna, sehingga bisa mengoperasikan HP.

Jika sampai bermasalah, pengguna tak akan dapat mengoperasikan HP dengan lancar. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi layar HP bergerak sendiri.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki layar HP yang bergerak sendiri? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi layar HP bergerak sendiri atau ghost touch.

Penyebab layar HP gerak sendiri

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami dulu penyebab layar HP gerak sendiri. Lantas, apa penyebab layar HP gerak sendiri? Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan masalah ghost touch pada layar HP.

Penyebab layar HP gerak sendiri yang pertama bisa datang dari adanya debu atau cairan yang menempel di layar HP. Cairan atau debu yang menempel di permukaan layar HP bisa membuat responsivitas sentuhannya terganggu.

Kemudian, penyebab layar HP gerak sendiri juga bisa dikarenakan penggunaan perangkat cas yang tidak asli atau abal-abal. Output daya dari charger abal-abal cenderung tidak stabil. Ketidakstabilan output daya itu bisa mengganggu responsivitas sentuhan layar.

Penyebab layar HP Gerak sendiri yang lainnya juga dapat ditimbulkan lantaran terdapat bug pada sistem perangkat lunak, penggunaan screen guard atau lapisan pelindung layar yang tidak sesuai, dan kerusakan pada komponen layar.

Itulah beberapa penyebab layar HP gerak sendiri. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi layar HP bergerak sendiri atau ghost touch dengan mudah dan praktis.

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri itu bisa dibilang cukup mudah, asalkan masalah yang terjadi disebabkan karena gangguan ringan. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ghost touch pada layar HP.

Misalnya, pengguna bisa mengganti charger abal-abal dengan charger asli untuk mengisi daya HP. Kemudian, pengguna juga bisa melakukan restart HP untuk membantu menyegarkan kembali sistem yang mungkin mengalami gangguan.

Untuk lebih lengkapnya, adapun cara mengatasi layar HP bergerak sendiri dengan mudah dan praktis adalah sebagai berikut.

1. Lepas screen guard pada layar HP

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri yang pertama adalah melepas screen guard yang terpasang. Untuk diketahui, screen guard dapat menambah lapisan pelindung layar HP sehingga jadi lebih tidak mudah tergores.

Namun, di satu sisi, screen guard yang terlalu tebal berpotensi membuat layar HP jadi tidak responsif. Oleh karena itu, saat layar HP bergerak sendiri tak sesuai keinginan, pengguna bisa mencoba untuk melepaskan screen guard yang terpasang di layar tersebut.

2. Bersihkan permukaan layar HP

Kedua, pengguna bisa mencoba untuk membersihkan layar HP dari cairan atau debu yang menempel. Cairan dan debu di layar HP bisa membuat responsivitas sentuhannya terganggu.

Untuk membersihkan dari debu atau cairan, pengguna bisa mengusap layar HP dengan kain yang berbahan lembut dan tidak bersifat korosif.

3. Pastikan menggunakan charger asli

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri yang berikutnya adalah memastikan telah memakai charger asli. Penggunaan charger asli lebih memberikan jaminan tidak akan mengganggu responsivitas sentuhan layar.

Untuk memeriksa apakah masalahnya disebabkan oleh charger, isi daya HP dengan memakai charger yang berbeda-beda dan lihat apakah masalahnya masih berlanjut. Jika ghost touch terjadi, sebaiknya ganti charger dengan yang resmi dari pabrikan HP..

4. Hubungkan HP ke charger saat daya rendah

Layar HP bergerak sendiri bisa disebabkan karena daya HP rendah atau terlalu sedikit. Saat daya HP di bawah 10 persen, responsivitas layar umumnya terganggu, kadang bergerak sendiri dan tidak bisa disentuh.

Oleh karena itu, saat daya HP rendah dan layarnya tiba-tiba kurang responsif, pengguna bisa mencoba untuk mulai mengisi daya dengan menyambungkan HP ke charger. Setelah disambungkan dan daya terisi, cobalah lagi untuk menggerakan layar HP.

5. Jangan biarkan HP kepanasan

Suhu panas berlebih yang terpapar pada HP dapat membuat beberapa kinerjanya terganggu. Saat HP terlalu panas, sentuhan layarnya biasanya bakal kurang responsif dan dapat bergerak sendiri.

Di beberapa HP saat ini, pengguna bahkan akan diberikan peringatan jika HP terpapar suhu panas, sehingga HP tidak dapat dioperasikan sementara waktu hingga suhunya kembali normal. Suhu panas ini bisa datang dari faktor cuaca atau pemakaian berat pengguna.

Lantaran dapat mempengaruhi kinerja layar, pengguna perlu menghindarkan HP dari suhu panas. Pengguna bisa mengoperasikan HP di tempat yang sejuk atau mengistirahatkan HP dari pemakaian berat saat suhunya mulai panas.

6. Tutup semua aplikasi di latar belakang

Dikutip dari Make Use Of, Memiliki banyak aplikasi yang masih berjalan di latar belakang (background) sistem HP dapat menyebabkan berbagai masalah.

Secara umum, aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan gangguan sistem perangkat lunak, yang mungkin dapat menyebabkan terjadinya ghost touch.

Oleh karena itu, pengguna bisa menutup semua aplikasi di latar belakang sebagai salah satu solusi mengatasi layar HP bergerak sendiri.

Untuk menutup aplikasi di latar belakang, caranya bisa berbeda-beda di tiap HP. Jika di iPhone, pengguna bisa mengusap layar bagian bawah ke atas hingga muncul daftar aplikasi di latar belakang. Setelah itu, pengguna bisa mengusap ke atas aplikasi untuk menutupnya.

7. Restart HP

Keenam, cara mengatasi layar HP bergerak sendiri yang bisa dilakukan pengguna adalah dengan restart HP. Tindakan ini bisa menyegarkan kembali sistem HP yang mengalami gangguan, yang mungkin bisa menyebabkan masalah ghost touch.

Untuk restart HP, caranya matikan HP dengan menekan tombol power dan tunggu beberapa saat. Setelah mati dalam beberapa waktu, pengguna bisa menekan tombol power untuk menghidupkan HP kembali.

8. Lakukan factory reset HP

Kedelapan, pengguna bisa mencoba melakukan factory reset pada HP untuk mengembalikan sistem perangkat ke setelan awal pabrik.

Cara ini berguna untuk membuat sistem perangkat kembali seperti semula dan menghapus gangguan yang mungkin menyebabkan layar HP bergerak sendiri.

Untuk melakukan factory reset, caranya juga bisa berbeda-beda di tiap HP. Jika di HP Android Xiaomi misalnya, pengguna bisa menu Setelan dan pilih menu “Tentang Telepon”. Kemudian, klik opsi “Setel Ulang Pabrik” dan “Hapus Data”.

9. Update sistem operasi

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri yang berikutnya adalah dengan update atau memperbarui sistem perangkat lunaknya (software). Update software biasanya bakal membawa sejumlah perbaikan, termasuk mungkin perbaikan pada masalah layar.

Oleh karena itu, jika tersedia versi software atau sistem operasi terbaru, pengguna bisa melakukan update untuk membantu mengatasi WiFi lemot di HP. Cara update software bisa dilakukan melalui menu pengaturan pembaruan perangkat lunak di HP.

10. Bawa ke tempat servis terpercaya

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri yang kesepuluh adalah dengan membawanya ke tempat servis terpercaya. Masalah ghost touch pada layar HP bisa disebabkan karena kerusakan pada komponen layar.

Kerusakan layar itu bisa timbul dari beberapa hal, seperti layar tertindih, terhantam benda keras, dan terjatuh. Jika terjadi kerusakan, pengguna bisa membawanya ke tempat servis terpercaya untuk mendapatkan perbaikan atau penggantian komponen.

Itulah beberapa cara mengatasi layar HP bergerak sendiri dengan mudah dan praktis. Melalui beberapa cara di atas, pengguna tak perlu langsung panik jika layar HP-nya bergerak sendiri. Terdapat beberapa solusi yang bisa dicoba secara mandiri terlebih dahulu.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/15/09190077/10-cara-mengatasi-layar-hp-bergerak-sendiri-dengan-mudah-dan-praktis

Terkini Lainnya

Game 'GTA 6' Dipastikan Meluncur September-November 2025

Game "GTA 6" Dipastikan Meluncur September-November 2025

Game
Instagram Vs Instagram Lite, Apa Saja Perbedaannya?

Instagram Vs Instagram Lite, Apa Saja Perbedaannya?

Software
Menjajal Langsung Huawei MatePad 11.5'S PaperMatte Edition, Tablet yang Tipis dan Ringkas

Menjajal Langsung Huawei MatePad 11.5"S PaperMatte Edition, Tablet yang Tipis dan Ringkas

Gadget
Game PlayStation 'Ghost of Tsushima Director's Cut' Kini Hadir di PC

Game PlayStation "Ghost of Tsushima Director's Cut" Kini Hadir di PC

Game
iPhone dan iPad Bakal Bisa Dikendalikan dengan Pandangan Mata

iPhone dan iPad Bakal Bisa Dikendalikan dengan Pandangan Mata

Gadget
Daftar Harga Gift TikTok Terbaru 2024 dari Termurah hingga Termahal

Daftar Harga Gift TikTok Terbaru 2024 dari Termurah hingga Termahal

e-Business
Membandingkan Harga Internet Starlink dengan ISP Lokal IndiHome, Biznet, dan First Media

Membandingkan Harga Internet Starlink dengan ISP Lokal IndiHome, Biznet, dan First Media

Internet
Smartphone Oppo A60 Dipakai untuk Belah Durian Utuh, Kuat?

Smartphone Oppo A60 Dipakai untuk Belah Durian Utuh, Kuat?

Gadget
Rutinitas CEO Nvidia Jensen Huang, Kerja 14 Jam Sehari dan Banyak Interaksi dengan Karyawan

Rutinitas CEO Nvidia Jensen Huang, Kerja 14 Jam Sehari dan Banyak Interaksi dengan Karyawan

e-Business
Smartphone Meizu 21 Note Meluncur dengan Flyme AIOS, Software AI Buatan Meizu

Smartphone Meizu 21 Note Meluncur dengan Flyme AIOS, Software AI Buatan Meizu

Gadget
Advan Rilis X-Play, Konsol Game Pesaing Steam Deck dan ROG Ally

Advan Rilis X-Play, Konsol Game Pesaing Steam Deck dan ROG Ally

Gadget
5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2024 Versi IDC, Oppo Memimpin

5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2024 Versi IDC, Oppo Memimpin

e-Business
Epic Games Gratiskan 'Dragon Age Inquisition - Game of the Year Edition', Cuma Seminggu

Epic Games Gratiskan "Dragon Age Inquisition - Game of the Year Edition", Cuma Seminggu

Game
Motorola Rilis Moto X50 Ultra, 'Kembaran' Edge 50 Ultra Unggulkan Kamera

Motorola Rilis Moto X50 Ultra, "Kembaran" Edge 50 Ultra Unggulkan Kamera

Gadget
Merger XL Axiata dan Smartfren Kian Menguat, Seberapa Besar Entitas Barunya?

Merger XL Axiata dan Smartfren Kian Menguat, Seberapa Besar Entitas Barunya?

e-Business
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke