Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ukuran File Genshin Impact Bisa sampai 32 GB, Ini Kata Hoyoverse

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu game populer Hoyoverse, Genshin Impact, dikenal sebagai game yang memakan banyak ruang media penyimpanan (storage). 

Bahkan, berdasarkan penelusuran KompasTekno, Genshin Impact versi 4.5 kini memiliki ukuran hingga 32 GB. Padahal, di versi awal rilis, game ini "hanya" memakan storage sekitar 10 GB.

Hoyoverse Senior Global PR Manager (SEA), Amos Yeo, mengatakan bahwa ukuran file Genshin Impact saat ini cukup besar karena konten-konten yang ada di dalamnya sudah jauh lebih banyak dan bertambah apabila dibandingkan dengan versi awal (1.0).

Konten-konten ini, lanjut Amos, tentunya diperlukan untuk meningkatkan pengalaman bermain Genshin Impact. Sehingga, pengguna mau tak mau harus menyiapkan storage lebih ketika mengunduh (download) Genshin Impact, terutama ketika ada pembaruan (update).

Meski demikian, Amos mengatakan, pihaknya tetap berusaha untuk memperkecil file Genshin Impact di setiap pembaruan supaya tidak memakan banyak storage.

"Pada setiap pembaruan, kami selalu berupaya untuk melakukan compress pada file game kami untuk mengurangi ukurannya," ujar Amos kepada KompasTekno di sela acara Hoyoverse yang digelar di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

"Hal ini tentunya dilakukan supaya pengguna masih tetap bisa memainkan game ini apabila storage mereka terbatas. Terkait ini, kami juga selalu transparan dan mengumumkan berapa besar file update di setiap pembaruan, sehingga pengguna bisa menyiapkan sisa storage yang dibutuhkan," imbuh Amos.

Amos tidak menyebut apakah pihaknya akan menyiapkan game Genshin Impact versi "kecil" (Lite) untuk mengakomodir pengguna yang memiliki ponsel dengan storage terbatas atau tidak.

Namun yang jelas, Amos mengatakan bahwa saat ini, mengurangi file Genshin Impact merupakan salah satu strategi Hoyoverse untuk membuat game tersebut bisa dimainkan banyak orang.

Di aplikasi Genshin Impact sendiri, Hoyoverse sudah menyediakan fitur Quest Resource Management untuk menghapus file-file game yang dianggap sudah tak dibutuhkan lagi. 

Disebut tak dibutuhkan karena file-file tersebut termasuk pada kategori file untuk misi-misi yang sudah dijalankan atau diselesaikan pemain di Genshin Impact.

Untuk mengakses fitur Quest Resource Management, pengguna hanya perlu pergi ke menu Settings di dalam game Genshin Impact.

Lalu, klik fitur tersebut dan klik menu "Past Quest Resources". Setelah itu, klik tombol "Uninstall" untuk menghapus file-file yang tidak dibutuhkan, untuk mengurangi ukuran file Genshin Impact.

Perlu dicatat, ukuran file yang bisa dihapus bisa berbeda-beda tergantung progres pemain di Genshin Impact.

Sepengalaman KompasTekno, fitur ini bisa mengurangi file Genshin Impact sebanyak 8 GB sehingga total file Genshin Impact 32 GB tadi bisa berkurang ke angka kisaran 24 GB.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/01/07000017/ukuran-file-genshin-impact-bisa-sampai-32-gb-ini-kata-hoyoverse

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke