Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Tag GetContact Hilang atau Berkurang? Begini Penyebabnya

KOMPAS.com - Terdapat beberapa masalah yang umum terjadi ketika mengoperasikan aplikasi GetContact yang perlu diketahui pengguna. Salah satu masalah itu adalah tag Getcontact hilang atau berkurang.

Dalam hal ini, pengguna mungkin ingin mengetahui penyebabnya. Sebagaimana cukup umum diketahui, GetContact merupakan aplikasi pengidentifikasi nomor telepon yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui identitas atau nama dari pemilik nomor telepon.

Kemampuan itu hadir di GetContact melalui fitur tag. Di fitur tag GetContact, pengguna bisa melihat sejumlah nama atau tanda identitas yang diberikan oleh para pengguna atas sebuah nomor telepon.

Kemudian, pengguna juga bisa mengetahui nomor teleponnya disimpan dengan nama atau tanda identitas apa oleh orang lain lewat fitur tag GetContact. Dalam kondisi normal, ketika nomor telepon dimasukkan di kolom pencarian, GetContact bakal menyajikan daftar tag.

Daftar tersebut bakal memuat nama dan jumlah variasi nama atas nomor telepon itu. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, pengguna mungkin tidak bisa melihat tag GetContact dari sebuah nomor telepon. Jadi, munculah masalah tag GetContact hilang.

Selain itu, pengguna bisa juga menjumpai tag GetContact pada sebuah nomor telepon berkurang. Misalnya, semula terdapat 20 tag berkurang menjadi 10 tag. Masalah ini mungkin bakal membuat pengguna kebingungan.

Namun, pengguna sejatinya tak perlu bingung karena masalah tag GetContact tidak muncul atau berkurang sejatinya tidak terjadi tanpa alasan. Lantas, kenapa tag GetContact tidak muncul atau berkurang bisa terjadi?

Jika tertarik untuk mengetahui alasannya, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai penyebab tag GetContact hilang atau berkurang yang perlu diketahui.

Penyebab tag GetContact hilang atau berkurang

Ada beberapa penyebab tag GetContact hilang atau berkurang yang perlu diketahui. Secara umum, masalah ini dapat terjadi karena terdapat pengaturan yang sengaja dilakukan pengguna untuk menyembunyikan dan mengurangi tag di GetContact.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal penyebab tag GetContact berkurang atau hilang adalah sebagai berikut.

1. Tag GetContact disembunyikan

Jika tag GetContact hilang, penyebabnya adalah disembunyikan oleh pengguna. GetContact bisa menampilkan nama atau tanda identitas dari sebuah nomor telepon yang diberikan oleh para pengguna.

Nama dari nomor telepon itu bisa saling dilihat antar pengguna. Jadi, ketika kita memeriksa nomor telepon di GetContact, aplikasi bakal menyajikan sejumlah tag yang berkaitan dengan nomor telepon itu.

Namun, untuk menjaga privasi, GetContact juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan nama atau tag dari nomor teleponnya agar tidak muncul di aplikasi ketika dicari.

Alhasil, tag GetContact hilang dan pengguna lain tak akan bisa melihat identitas dari nomor telepon itu. Tag GetContact atas sebuah nomor telepon bisa disembunyikan pengguna dengan melakukan pengaturan pada fitur Visibility.

Untuk menyembunyikan tag GetContact, pengguna bisa menonaktifkan fitur Visibility pada nomor teleponnya. Saat menonaktifkan fitur ini, maka tag atau nama kontak pengguna tidak dapat dilihat dan dicari oleh pengguna GetContact lain.

Saat nama nomor telepon pengguna disembunyikan, GetContact tidak menampilkan notifikasi siapa saja yang mencoba melihat tag GetContact pengguna . Bagi sebagian pengguna, fitur ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan privasi.

2. Tag GetContact dihapus

Sementara itu, untuk tag GetContact yang berkurang, penyebabnya adalah dihapus oleh pengguna. Sebagaimana dijelaskan di atas, GetContact bisa menyajikan informasi jumlah tag atau nama yang diberikan pada sebuah nomor telepon.

Dalam kondisi tertentu, informasi nama tersebut dapat berkurang di GetContact. Adapun penyebab tag GetContact berkurang adalah dihapus oleh pengguna. GetContact tidak hanya menyajikan daftar nama atau tag atas sebuah nomor telepon.

Akan tetapi, pengguna juga bisa menghapus tag yang diberikan pengguna lain atas nomor teleponnya di aplikasi GetContact. Penghapusan tag ini berguna ketika terdapat penamaan dari para pengguna lain atas nomor telepon pengguna yang dirasa tidak sesuai.

Untuk menghapus tag nomor telepon, pengguna bisa membuka menu “My Tags” di GetContact. Kemudian, pilih dan tahan tag nomor telepon yang hendak dihapus. Setelah itu, pengguna bisa memilih alasan kenapa tag dihapus, misalnya, alasan tag tidak sesuai.

Setelah dihapus, tag tersebut tidak akan dimunculkan ketika pengguna lain mencari nomor telepon pengguna di GetContact. Alhasil, informasi nama atau tag nomor telepon di GetContact bisa berkurang

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab tag GetContact berkurang atau hilang yang sejatinya tidak muncul secara tiba-tiba, tetapi ditimbulkan karena pengaturan dari pengguna, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/13/15150017/kenapa-tag-getcontact-hilang-atau-berkurang-begini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke