Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Vaio FZ25G, Tipis dengan Layar Keren

Kompas.com - 28/04/2008, 11:28 WIB
Sony terkenal dengan desain notebooknya yang keren, dan hal tersebut kembali tercermin pada notebook seri FZ25G ini. Salah satu faktor penting yang membuat notebook ini terlihat berkelas adalah ketipisannya (bagian paling tipisnya hanya 2,9cm pada saat tertutup) dan kombinasi warna perak di sisi luar dan hitam di sisi dalam. Kesan berkelas juga terlihat dari panel kontrol multimedia berbentuk bulat di sisi atas keyboard, yang memudahkan kita mengontrol sisi multimedia notebook ini.

Sony Vaio FZ25G sendiri adalah sebuah notebook 15,4” yang diposisikan Sony untuk segmen multimedia. Selain keberadaan panel kontrol seperti kami sebut di atas, segmentasi tersebut juga terlihat dari fasilitas HDMI yang memungkinkan kita menancapkan notebook ini ke TV berfasilitas HDMI untuk menonton film berformat High Definition. Notebook ini juga dilengkapi kualitas speaker yang cukup memuaskan untuk mendendangkan lagu kesayangan.

Namun kemampuan multimedia paling istimewa dari notebook ini adalah layarnya. Pertama melihatnya, kami langsung melihat keistimewaan layarnya yang begitu terang dan tajam, dengan akurasi warna yang akurat.

Hal ini terlihat jelas ketika kami menjalankan program Eizo Test, karena notebook ini mampu memperlihatkan perbedaan gradasi warna hitam 6% - 8% dengan jelas; menunjukkan contrast ratio yang tinggi dari layar yang digunakan Vaio FZ25G. Menurut Sony, layar yang terang itu adalah buah dari teknologi Clear bright High Colour LCD 90 yang juga digunakan di TV seri Bravia-nya.

Salah satu hal yang selalu ditonjolkan Sony pada notebook-nya adalah kelengkapan software. Pada notebook ini, sederet software telah ter-install, mulai yang berkaitan dengan DVD Creation, Video&Photo sampai musik Content Browser. Sebagian yang disebutkan di sini adalah DVD Creation (untuk membuat DVD Movie), Roxio Easy Media Creator (untuk memback-up file), Movie Story (untuk video editing), Adobe Premiere Elements (untuk editing gambar), dan Vaio Media untuk berbagi file di jaringan lokal.

Begitu banyaknya software ini bisa dihitung sebagai nilai lebih FZ22G, tetapi juga bisa menjadi bumerang karena menyesaki harddisk; apalagi sebagian adalah boatware (langsung di-loading ketika notebook booting). Jadi, sebaiknya pilih baik-baik software mana yang Anda butuhkan.

***

Dengan kualitas layar yang memukau, Sony Vaio FZ25G mampu menampilkan detail dengan gambar dengan sempurna, membuatnya layak menyandang gelar notebook multimedia. Bentuknya yang tipis dan tergolong ringan (untuk kelas notebook 15,4”) semakin menambah daya pikat notebook ini. Namun kinerja notebook ini kalah gegas dibanding notebook sekelas seperti Acer Aspire 5920G, sehingga lebih cocok untuk Anda yang lebih mengedepankan faktor desain dan kualitas layar.

(sumber: InfoKomputer)

 

PLUS: Layar terang dan tajam; desain tipis.

MINUS: Kinerja kurang gegas.

 

SKOR PENILAIAN
Kinerja             : 4

Fasilitas            : 4,4

Penggunaan            : 4

Harga               : 3,9

SKOR TOTAL            : 4,1

Hasil Pengujian

Tidak ada yang istimewa dari kinerja Vaio FZ25G yang terlihat setara dengan mayoritas notebook yang kami uji kali ini. Namun tidak juga berarti jelek, karena dengan mengandalkan prosesor Intel T7250 dan memori 1GB, notebook ini tidak akan kesulitan menjalankan aplikasi kelas berat sekalipun.

Pengujian
Multitasking Office 2007
N/A
Membuat film
2 menit 11 detik
Encoding video
18 menit 53 detik
Encoding audio
3 menit 8 detik
3DMark 2006
1621
Daya Tahan Batere
Memutar HD Video
1 jam 32 menit
Battery Eater
1 jam 28 menit

 

SPESIFIKASI Sony Vaio FZ25G

Prosesor
Intel Core 2 Duo T7250
(2GHz, 2MB cache, FSB 800MHz)
RAM
1GB, DDR2 PC5300
Chipset
Intel PM965
Kartu Grafis
GeForce 8400M GT 128MB
Harddisk
160GB SATA
Optical drive
Pioneer DVD±R DL
Fasilitas

Wi-Fi, LAN, Bluetooth , modem, card reader (5-in-1), 3 USB, FireWire, Webcam, Express Card, HDMI.

Layar
15,4”, 1280x800 pixel
Kartu suara
SigmaTel STAC9872AK
Sistem Operasi
Windows Vista Home Premium
Batere
4800mAh
Dimensi
35,6x25,5x(2,9-4,1) cm
Bobot
2,63 kg
Garansi
1 tahun
Situs Web
vaio-online.sony.com
Harga kisaran*
Rp. 15,6 juta
* Sony Indonesia (021) 527-9888.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com