Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Eee Akan Saingi iMac dan Wii

Kompas.com - 03/06/2008, 14:51 WIB

TAIWAN, SELASA - Tak cukup menggebrak pasar dengan laptop mini dan murah Eee PC, Asustek Komputer mungkin menjadi perusahaan komputer pertama yang terang-terangan akan menyaingi kepopuleran Apple dan kedigdayaan Wii. Perusahaan komputer Taiwan tersebut telah menyiapkan produk-produk baru dari keluraga Eee yang akan bersaing dengan produk Apple maupun Nintendo.

"Perusahaan telah menatap produk-produk baru agar keluarga Eee tetap segar," tegas Jerry Shen, CEO Asustek dalam briefing menjelang Computex di Taiwan yang digelar antara 3-7 Juni 2008. Mulai September, Asus akan menyediakan komputer ringkas yang bagian PC menjadi satu dengan monitor. Dengan bentuk mirip iMac, Eee Monitor akan dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Pendekatan tersebut mirip Eee PC, laptop mini yang menjadi pemicu tren laptop ringan dan murah di dunia.  

Eee Monitor akan hadir di pasaran setelah dua tipe Eee PC yang kini dipamerkan dalam pameran komputer Computex di Taiwan. Varian baru Eee PC itu tersedia dalam pilihan sistem operasi Linux dan Windows XP. Eee PC 901 memiliki kapasitas baterai hingga 8 jam sedangkan Eee PC 1000 yang memiliki layar 10 inci dan ukuran keyboard standar.

Selain menambah lini produk Eee PC dan Eee Monitor, Asustek juga berencana melansir Eee Box dan Eee Stick. Eee Box merupakan PC berukuran mini berwarna putih seukuran buku teks yang akan dijual antara 200 hingga 300 dollar AS. Menggunakan prosesor Intel Atom, komputer tersebut bekerja dengan sistem operasi Linux maupun Windows Vista dan dengan pilihan hardisk antara 80 Gb hingga 250 GB. Komputer mini tersebut mendukung koneksi nirkabel Wi-Fi 802.11n, USB, dan berbagai format media card.

Sementara Eee Stick merupakan controller yang mengandalkan sensor gerak seperti controller Nintendo Wii. Hanya saja, produk tersebut didesain untuk para gamer komputer karena bekerja dengan mouse, keybard, dan mouse pad.

Eee Stick baru akan tersedia mulai tahun depan dengan harga antara 66-82 dollar AS dengan 5 game terbaru. Namun, controller sudah dapat digunakan lebh dulu pada Eee PC terbaru yang dirilis mulai Agustus dan Eee Box.(PC WORLD)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com