Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Saya tak Sebut Wiranto "Penumpang Gelap"

Kompas.com - 07/11/2008, 14:31 WIB

JAKARTA, JUMAT — Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengaku tidak pernah menyebut nama Wiranto sebagai "penumpang gelap" dalam konvensi calon presiden Partai Golkar pada 2004.
    
"Yang jelas itu bukan Pak Wiranto dan tentu itu bukan Wiranto. Saya tak sebut nama," kata Wapres Jusuf Kalla seusai shalat Jumat di Jakarta.
    
Pernyataan Wapres tersebut diungkapkan ketika ditanya soal somasi Wiranto kepada dirinya. Wiranto mengajukan somasi kepada Wapres Jusuf Kalla atas pernyataannya yang menyebutkan ada "penumpang gelap" pada konvensi Capres Partai Golkar 2004.
    
Menurut Wapres, ia tidak pernah menyebutkan nama ketika mengemukakan soal adanya "penumpang gelap" dalam konvensi capres Partai Golkar. Selain itu, tuturnya, penjelasan mengenai konvensi dan "penumpang gelap" maksudnya adalah betapa mudahnya syarat orang untuk ikut konvensi capres.
    
Wapres menjelaskan bahwa syarat ikut konvensi capres waktu itu hanya dua, yakni anggota Partai Golkar atau dari independen. "Saya ingin katakan terlalu mudah syaratnya ikut konvensi. Ada calon konvensi dari anggota parpol lain, caleg parpol lain. Yang jelas itu bukan Wiranto," kata Wapres.
     
Wapres menjelaskan bahwa saat itu Wiranto baru saja pensiun dari TNI dan tidak masuk partai lain sehingga boleh disebut independen.
      
Wiranto yang saat ini menjadi Ketua Umum Partai Hatinurani Rakyat (Hanura) mengajukan somasi kepada Wapres Jusuf Kalla atas pernyataan mengenai "penumpang gelap" di konvensi capres Partai Golkar.
      
Pernyataan Wapres soal "penumpang gelap" diucapkan saat keterangan pers dalam rangka HUT ke-44 Partai Golkar ketika menanggapi pertanyaan wartawan soal desakan dilakukannya konvensi untuk mencari capres Partai Golkar pada Pemilu 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com