Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan Dorong Wirausaha

Kompas.com - 04/12/2008, 10:12 WIB

JAKARTA, KAMIS — Peran perbankan sebagai lokomotif perekonomian pada saat krisis amat diperlukan. Salah satu peran yang diharapkan adalah mengurangi pengangguran melalui pengembangan wirausaha.

Anggota Komisi XI DPR, Maruarar Sirait, Rabu (3/12) di Jakarta, mengatakan, perbankan seharusnya tak lagi hanya mengikuti pasar (follow the trade), tetapi secara kreatif dan inovatif menciptakan pasar.

Hal itu, kata Maruarar, bisa dilakukan dengan menjadi pelopor pengembangan bisnis berskala mikro dan kecil di suatu daerah baru atau membina wirausaha muda dalam skala masif dan berkesinambungan.

Saat ini belum banyak bank yang serius menciptakan wirausaha baru. Padahal, semakin banyak wirausaha baru, semakin banyak lapangan kerja baru tercipta. Ini bisa mengurangi pengangguran yang mulai meningkat akibat krisis global.

Salah satu bank yang relatif serius mengembangkan wirausaha muda adalah Bank Mandiri. ”Pendidikan kewirausahaan adalah cara tepat mengatasi pengangguran. Itu bisa menghasilkan pencipta kerja dan bukan pencari kerja,” kata Direktur Utama Mandiri Agus Martowardojo saat acara penghargaan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2008.

Rangkaian kegiatan WMM adalah kuliah umum dan lokakarya wirausaha untuk mahasiswa, kompetisi rencana bisnis, penghargaan wirausaha, pelatihan, serta program pembinaan dan kemitraan.

Bank lain yang juga memberi perhatian pada penciptaan wirausaha muda secara massal dan berkesinambungan antara lain adalah Bank Danamon dan BRI. Wakil Presiden Direktur Bank Danamon Jos Luhukay mengatakan, pengembangan wirausaha masuk dalam program Danamon Corporate University yang mulai tahun 2009 berlokasi di lima tempat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com