Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konversi ke Gas Segera Dilaksanakan di Madiun

Kompas.com - 15/01/2009, 17:19 WIB

Laporan wartawan Kompas Antonius Ponco A

MADIUN, KAMIS — Konversi minyak tanah ke gas elpiji akan segera dilaksanakan di Kabupaten/Kota Madiun, Trenggalek, dan Nganjuk. Untuk mendukung program konversi ini, sejumlah stasiun pengisian bahan bakar elpiji (SPBE) dibangun di beberapa tempat.

Sales Representative Elpiji Rayon IV Pertamina Imam Ashari, Kamis (15/1), mengatakan, rencananya konversi di empat wilayah tersebut akan dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret. "Saat ini kami masih mematangkan sarana dan prasarana agar saat konversi dilaksanakan tidak bermasalah," kata Imam.

Hal-hal yang masih dimatangkan itu di antaranya mengevaluasi agen-agen minyak tanah yang akan dialihkan menjadi agen elpiji. Selain itu, dilakukan pula pembangunan sejumlah SPBE di beberapa tempat agar bisa mempermudah dan mempercepat distribusi. Pasalnya, sekarang elpiji masih dipasok dari Kediri.

SPBE yang pembangunannya akan selesai dalam waktu dekat itu di antaranya di Ngawi, Nganjuk, Ponorogo, dan Madiun. "Pertamina sendiri menargetkan SPBE akan ada di setiap kabupaten tetapi untuk merealisasikan hal itu membutuhkan waktu," ujarnya.

Setelah konversi minyak tanah ke gas tuntas dilaksanakan di empat wilayah tersebut, konversi akan dilanjutkan ke wilayah Ponorogo, Ngawi, dan Pacitan. Rencananya konversi di wilayah-wilayah itu akan dilaksanakan antara bulan Maret dan April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com