Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virtualisasi Dibenamkan dalam Layar Monitor LG

Kompas.com - 22/06/2009, 10:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jaman sekarang, upaya penghematan selalu dicari. Di bidang komputer, penghematan biasanya dilakukan dengan cara virtualisasi. Biasanya, yang divirtualisasikan perusahaan adalah storage dan server. Namun langkah LG Electronics lain lagi. Akhir bulan ini perusahaan Korea tersebut berniat memasarkan monitor layar datar yang juga dapat berfungsi sebagai komputer virtual.


Monitor LCD SmartVine N-series itu akan memanfaatkan teknologi virtualisasi embedded dari NComputing. Teknologi ini didasarkan pada gagasan bahwa komputer masa kini begitu canggih sheingga kebanyakan aplikasi hanya menggunakan sebagian kecil dari kapasitasnya. Virtualisasi Ncomputing memungkinkan banyak pengguna untuk memanfaatkan kapasitas yang menganggur tersebut dan berbagi-pakai komputer seakan-akanmasing-masing pengguna punya mesin sendiri.


LG Electronics akan menanamkan sirkuit virtualisasi Ncomputing di dalam monitor SmartVine N-series-nya. Jadi pengguna tidak perlu repot apa pun. Yang perlu mereka lakukan hanyalah menghubungkan keyboard dan mouse masing-masing ke PC host melalui sebuah kabel. Namun sebuah PCI Card Kit harus dipasang di dalam PC host.


Dengan teknologi Ncomputing, sampai 11 pengguna bisa berbagi-pakai satu PC. Karena itu untuk produk terbarunya ini, LG membidik lembaga pendidikan dan pelayanan seperti call center. Dengan solusi ini, menurut NComputing, pengguna bisa menghemat biaya hardware komputernya sampai 60%, menurunkan biaya pemeliharaan (maintenance) sampai 70%, dan biaya listrik sampai 90%.


Di AS, monitor LG SmartVine N-series 19” akan dijual dengan harga US$ 199. Selain model 19”, LG juga merilis model 16” dan 17”, yang ditujukan untuk pasar dunia. Kendati dibekali teknologi virtualisasi, monitor-monitor ini tetap dapat dioperasikan sebagai monitor biasa, dan bekerja di komputer Windows maupun Linux.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com