Bertambah, Kamera Micro Four Thirds Olympus

Kompas.com - 06/11/2009, 10:33 WIB
Editorwiek

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum genap enam bulan berlalu sejak Olympus merilis kamera Micro Four Thirds pertamanya, PEN E-P1. Kini diumumkan pendampingnya, E-P2, yang akan dirilis ke pasar Desember mendatang.

E-P2 diklaim Olympus sebagai kamera 12,3 megapixel terkecil di dunia dengan lensa yang bisa saling dipertukarkan dan penstabil gambar in-body. Kamera ini juga disebutkan telah memadukan kualitas gambar dari DSLR dengan fitur video High-Definition. stereo Linear PCM audio recording, dan kendali In-Camera Creativity. Sensor image yang digunakan di sini sama dengan yang dipakai Olympus pada DSLR E-30 dan E-620-nya.

Dibandingkan pendahulunya, E-P2 memiliki tambahan port untuk tempat electronic viewfinder (EVF) dengan resolusi tinggi atau adapter mikropon eksternal (opsi), dan dua filter Art. Tampilan badannya pun beda, dengan warna hitam membalut badan yang terbuat dari stainless steel. Yang juga baru adalah fungsi Continuous Autofocus (C-AF) Tracking Sytem dan i-Enhance color boosting.

EVF VF-2 baru yang bisa dilepas-lepas itu menyajikan pembesaran 1,5x dan sudut pandang 100%. Untuk membantu mengurangi image ghosting pada subjek yang bergerak cepat, viewfinder akan me-refresh dengan cepat. Viewfinder ini juga bisa diputar sampai 90 derajat, yang bermanfaat saat membidik subyek dari berbagai sudut. Sementara itu konektor mikropon eksternal EMA-1 yang bersifat opsional bisa menerima mikropon stereo Olympus ME-51S yang juga bersifat opsional, atau mikropon lain.

Saat merekam video, E-P2 kini mendukung kendali shutter dan aperture yang sepenuhnya manual. Setelah menghubungkan kamera ke HDTV via HDMI, Anda bisa mengendalikan fungsi playback kamera dari remote TV.

E-P2 kompatibel dengan semua lensa Four Thirds System, bisa menerima lensa Micro Four Thirds 14-42mm dan 17mm maupun MMF-1 Four Thirds System Lens Adapter. Bila menggunakan MF-2 OM Lens Adapter, Anda juga akan bisa memasangkan lensa-lensa berbasis film Olympus OM. Sebuah unit flash FL-14 juga tersedia.

Untuk asesori, Olympus juga mengumumkan dua lensa baru Micro Four Thirds Systems yang akan tersedia pada semester pertama tahun 2010. Keduanya adalah super wide-angle zoom M. ZUIKO DIGITAL ED 9-18mm f4.0-5.6 lens (18-36mm equivalent) dan high-power wide to telephoto zoom M. ZUIKO DIGITAL ED 14-150mm f4.0-5.6 lens (28-300mm equivalent), yang bisa dipakai di Olympus PEN E-P1 maupun E-P2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Olympus E-P2 diperkirakan akan dibandrol pada harga US$ 1099,99 lengkap dengan VF-2 electronic viewfinder dan 17mm f2.8 Zuiko Digital pancake lens atau 14-42mm f3.5/5.6 Zuiko Digital Zoom Lens.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X