Intel Pengin Tanamkan Cip di Otak Manusia

Kompas.com - 24/11/2009, 18:12 WIB
Editor

SAN DIEGO, KOMPAS.com — Para insinyur di Intel berambisi menanamkan cip ke dalam otak manusia untuk mengendalikan komputer secara langsung melalui pikiran. Cip semacam itu tengah dikembangkan di laboratorium riset Intel di Pittsburgh, AS.

Dengan cip seperti itu, pengoperasian komputer akan semakin efisien karena tidak lagi membutuhkan perantara seperti keyboard dan mouse. Cip implan juga bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan perangkat-perangkat elektronis, seperti ponsel, TV, dan pemutar DVD lewat pikiran.

Seperti dilansir Physorg, Dean Pomerleau selaku salah satu ilmuwan yang terlibat menyatakan bahwa cip seperti itu bakal terwujud dalam waktu dekat meski belum sepenuhnya sempurna. Cara kerjanya berdasarkan teknologi rangsangan otak yang disebut Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI).

Secara teori, setiap orang yang memikirkan suatu kata atau gambar yang sama akan mengaktifkan bagian otak yang sama pula. Pomerleau dan timnya menggunakan teknologi FMRI untuk memindai otak-otak sukarelawan demi menentukan perintah yang universal.

Pomerleau mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah bisa segera mewujudkan headset yang memanfaatkan gelombang otak untuk melakukan perintah ke komputer. Langkah berikutnya adalah mewujudkan cip yang bisa ditanam di otak. Ia memperkirakan, hal tersebut minimal butuh satu dekade atau sepuluh tahun ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.