Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Data Telkomsel Sumbang Rp 1,6 Triliun

Kompas.com - 26/05/2011, 23:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengklaim berhasil menggaet keuntungan sebesar Rp 1,6 triliun pada kuartal I 2011 dari layanan data. Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, angka tersebut menyumbang sebesar 14 persen dari peningkatan seluruh pendapatan Telkomsel.

Kontribusi pendapatan Telkomsel berasal dari layanan data yang terus meningkat. Pada 2009 lalu, pendapatan dari non voice dan SMS tersebut mencapai 7 persen dan meningkat menjadi 12 persen pada 2010. "Tahun-tahun ke depan diharapkan akan lebih besar lagi," tandasnya.

Sarwoto menambahkan, ke depannya, industri telekomunikasi SMS dan voice bakal berkurang dan digantikan dengan layanan data. "Kebutuhan data masyarakat saat ini memang masih kecil, namun diperkirakan pada beberapa tahun ke depan akan semakin besar," ujarnya. Namun kemajuan tersebut tergantung dari kesuksesan transformasi broadband.

Dia juga mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah berinvestasi di bidang broadband dengan menambah kapasitas data di seluruh Indonesia. "Kita sedang membangun storage dengan kapasitas 4 pentabyte, ukurannya bukan gigabyte lagi. Bahkan kapasitas ini sudah sejajar dengan storage perbankan,"ujarnya.

Telkomsel juga sedang melakukan sinergi dengan PT Telkom Tbk dengan memberikan layanan di 15 Plasa Telkom di berbagai wilayah di Indonesia. "Dengan penambahan titik pelayanan tersebut, kini pelanggan Telkomsel dilayani lebih dari 1,3 juta titik pelayanan. Ini juga sesuai dengan jumlah pelanggan yang telah mencapai lebih dari 100 juta pelanggan," paparnya.(Kontan/Mia Winarti Syaidah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com