Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Gagal Dapatkan Data Penting Google

Kompas.com - 23/03/2012, 10:44 WIB

KOMPAS.com — Usaha Apple untuk meminta data-data penting Google dan Android tidak mencapai hasil. Pengadilan Amerika Serikat akhirnya menolak tuntutan Apple kepada Motorola Mobility untuk menyerahkan data perkembangan sistem operasi Android dan dokumen akuisisi Google atas Motorola.
 
Seperti diberitakan, permintaan itu diajukan Apple di Pengadilan Amerika Serikat pada awal Maret lalu. Hakim yang menangani kasus ini, Richard A Posner, akhirnya menolak tuntutan itu, Selasa (20/3/2012).
 
Sebelumnya, pengacara Apple mengatakan bahwa OS Android dan proses akuisisi Google atas Motorola sangat relevan dengan gugatan yang diajukan Apple kepada Motorola terkait hak paten. Namun, ia tak menjelaskan secara rinci mengapa Apple sangat membutuhkan data-data itu.
 
Pengacara Motorola pun menentang permintaan Apple tersebut. Menurutnya, Google dan Android bukanlah pihak yang diikutsertakan dalam gugatan. Motorola juga tak bisa memaksa Google untuk menyerahkan dokumen akuisisi.
 
Kuasa hukum Google, Amanda Williamson, akhirnya mengirim e-mail kepada pengacara Apple. Williamson menyatakan bahwa Apple harus menjelaskan tuntutannya. Ia juga merasa alasan permintaan data-data penting itu tidak didefinisikan dengan baik.
 
Proses akuisisi Google atas Motorola memang menjadi hal penting dalam industri ponsel. Google akan jadi salah satu perusahaan yang memiliki paten terbesar dalam industri ponsel karena rencana akuisisi itu juga membeli 17.000 hak paten dan 7.500 aplikasi paten.
 
Saat ini, penawaran akuisisi Google atas Motorola sebesar 12,5 miliar dollar AS telah disetujui oleh regulator Amerika Serikat dan Eropa pada Februari 2012. Namun, regulator di China, Taiwan, dan Israel belum menyetujuinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com