Facebook Cuma Butuh 48 Jam untuk Beli Instagram Rp 9 Triliun

Kompas.com - 16/04/2012, 15:06 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Meski harus mengeluarkan dana yang sangat besar, tak butuh waktu lama bagi Facebook untuk memutuskan membeli Instagram.

Negosiasi akuisisi bernilai 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 9 triliun) itu, dikabarkan selesai dalam waktu singkat, 48 jam alias dua hari saja.

Facebook membuat kabar besar pada Senin (9/4/2012), dengan membeli perusahaan rintisan berbasis teknologi informasi (startup) itu dalam bentuk tunai dan saham.


Seperti diberitakan The New York Times, sang CEO Facebook Mark Zuckerberg, turun tangan langsung dalam negoisiasi tersebut. Ia menelepon pendiri sekaligus CEO Instagram Kevin Systrom pada akhir pekan.

Saat itu, Instagram yang diasuh 13 karyawan baru saja mendapat investasi baru 50 juta dollar AS dari Sequoia, Josh Kushner’s Thrive Capital, Greylock dan Benchmark.

Investasi tersebut membuat startup kecil asal San Fransisco menjadi bernilai 500 juta dollar AS.

Sebelum nilai Instagram makin tinggi, maka Zuckerberg memilih untuk bergerak cepat, dan membeli dengan harga fantastis.

"Saya rasa Facebook panik," kata sumber terpercaya kepada Fortune.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.