Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Siap Tawarkan "Cloud" ke Pengembang Aplikasi

Kompas.com - 23/05/2012, 16:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis layanan suara (voice) dan pesan singkat (SMS) yang terus menurun dialami oleh operator telekomunikasi. Untuk mengantisipasinya, operator kini akan mulai menawarkan layanan-layanan lain.

Salah satu adalah komputasi bergerak (mobile cloud) ke developer.

Founder Indonesian Cloud Forum Teguh Prasetya menjelaskan operator akan mencari bisnis yang menguntungkan saat menjual layanan-layanannya. Salah satu yang ditawarkan adalah layanan mobile cloud ke developer.

"Untuk membuat dan menyimpan aplikasi, developer tidak perlu ribet mengurus server, storage hingga sistem pembayaran. Semua nanti akan dilayani oleh mobile cloud yang dikembangkan operator," kata Teguh selepas acara seminar "Cloud Goes Mobile Are You Ready?" di Balai Kartini Jakarta, Rabu (23/5/2012).

Bisnis baru mobile cloud ini diperkirakan akan semakin booming, sama seperti komputasi awan (cloud computing) yang sudah dipakai oleh kalangan perusahaan besar (enterprise). Ini juga mengantisipasi layanan bisnis SMS yang mulai menurun dari operator.

Bagi kalangan developer, layanan baru ini akan memudahkan kinerja developer dalam membuat dan menyimpan aplikasi. Apalagi, developer juga memiliki kesempatan untuk menjual aplikasi ke pelanggan operator tersebut.

"Potensi penawaran mobile cloud dengan operator ini akan semakin menguntungkan bagi developer. Ada hal yang tidak bisa ditawarkan oleh penyedia cloud sendiri terutama keuntungan dalam pemasaran aplikasi yang bisa ditawarkan ke operator," tambahnya.

Teguh juga menjelaskan manfaat lain dari mobile cloud bagi developer adalah efisiensi penggunaan infrastruktur storage dan server, kecepatan dalam mengakses data aplikasi yang telah dan akan dibuat, hingga bisa mengakses profil data konsumen dari operator secara langsung.

Bagi pengguna ponsel sendiri, mengunduh aplikasi juga akan semakin mudah, murah dan cepat. Bahkan layanan tersebut sudah disediakan oleh Research in Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry saat menjual aplikasi di App World.

"Membeli aplikasi dengan pulsa di ponsel BlackBerry semakin gampang. Itu juga salah satu layanan cloud. Operator dan vendor dapat untung, pengguna juga untung mendapatkan aplikasinya. Apalagi developer yang membuat aplikasinya," jelasnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com