Kompas.com - 17/01/2013, 11:26 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan kepada seluruh jajaran pemerintahan agar mengambil sejumlah langkah untuk membantu Pemda DKI mengatasi banjir. Instruksi ini dikeluarkan setelah Pintu Air Manggarai dinyatakan Siaga I dan titik-titik genangan semakin meluas di Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Instruksi itu diteruskan Menko Polhukam Djoko Suyanto yang meminta Panglima TNI dan Kapolri agar menggelar dapur umum, mendirikan tenda-tenda lapangan untuk pengungsi, menyediakan kendaraan darat atau air untuk membantu evakuasi, dan berkoordinasi langsung dengan aparat pemda.

Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan SAR Nasional sudah diminta untuk mendukung Pemda DKI dengan mengerahkan perahu dan bantuan lainnya.

Sejauh ini, Kodam Jaya telah mengerahkan pasukan sebanyak delapan satuan setingkat kompi (SSK), sementara Korps Marinir juga telah mengerahkan 1 SSK di Jakarta Selatan dan 2 SSK saat ini dicadangkan Kodam Jaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.