Kompas.com - 22/01/2013, 14:41 WIB
EditorReza Wahyudi
SHUTTERSTOCK Ilustrasi Peretas

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Demi cinta, apa pun dilakukan, termasuk membajak halaman situs resmi Museum Nasional. Setidaknya kesan itulah yang tersirat dari laman beranda situs internet museum ini yang beralamat di http://museumnasional.or.id, yang telah menjadi korban deface (tampilan situs web diubah secara ilegal), Selasa (22/1/2013) ini.

Berdasarkan pemantauan KompasTekno sekitar pukul 14.45, laman yang menjadi korban hacking ini menampilkan rolling text berwarna hijau di bagian atas yang berbunyi "hacked by T4rantuL4".

museum nasional Laman beranda situs Museum Nasional yang menjadi korban deface

Sejumlah foto wanita di atas latar belakang berwarna hitam turut ditampilkan oleh si hacker yang sepertinya sedang kesepian, disertai kata-kata puisi di bagian bawah.

"Cintamu telah menghidupkan perasaan ku, dan cinta mu telah membawa semangat cita dan cinta di hidup ku," bunyi salah satu tulisan tersebut.

Teks puisi akan berubah jika pointer kursor diarahkan ke foto yang berbeda sehingga secara keseluruhan terdapat barisan kata-kata yang cukup panjang.

Keterangan nama situs di bagian browser tab pun tak lupa diubah oleh sang hacker sehingga menampilkan dua baris teks berbunyi "Miss You" dan "You are My Everything" yang muncul secara bergantian.

Ketika diakses lewat perangkat mobile, beranda situs yang bersangkutan menampilkan laman deface yang sama. Belum diketahui kapan pihak pengelola situs akan mengembalikan kondisi seperti sedia kala.

(Update: Pantauan KompasTekno pada Selasa (22/1/2013) pukul 19.50 WIB, situs Museum Nasional sudah dikembalikan ke tampilan semula)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.