Galaxy S4 Dinobatkan Paling "Hijau"

Kompas.com - 20/05/2013, 16:03 WIB
EditorReza Wahyudi

Samsung Galaxy S4

KOMPAS.com — Galaxy S4 dari Samsung menjadi smartphone pertama yang menerima sertifikasi ramah lingkungan (sustainability) dari TCO Development, lembaga asal Swedia yang mengevaluasi sebuah perangkat dari segi ekonomi, sosial, dan dampak terhadap lingkungan.

Seperti dikutip dari Cnet, sertifikasi TCO Development menunjukkan bahwa Galaxy S4 memiliki nilai tinggi untuk ketiga aspek di atas.

Artinya, perangkat ini diproduksi di pabrik yang "ramah" terhadap pekerja serta mengikuti konvensi Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dan PBB.

Di samping itu, Galaxy S4 juga tidak mengandung material berbahaya seperti nikel, berilium, atau merkuri sehingga bisa didaur ulang dengan aman, serta memiliki charger yang efisien dan desain yang bisa diandalkan.

TCO Development sedang terlibat pembicaraan dengan produsen lain terkait sertifikasi ini. "Bahwa brand besar seperti Samsung memilih untuk disertifikasi oleh TCO adalah hal yang baik. Namun, produsen lain hendaknya juga menyertifikasi produk mereka demi kontribusi untuk masa depan yang lebih ramah lingkungan," ujar Direktur Sertifikasi Produk TCO Development Niclas Rydell dalam sebuah pernyataan.

Tujuan akhir dari sertifikasi TCO atas produk smartphone adalah menciptakan permintaan (demand) yang lebih tinggi terhadap produk ramah lingkungan. Permintaan dari konsumen bisa berpengaruh besar pada proses produksi suatu perangkat.

Galaxy S4 sendiri adalah seri ponsel premium terbaru dari Samsung, yang dibekali berbagai macam komponen hardware terkini, seperti prossor 8-core (4+4), layar Super AMOLED 5 inci dengan resolusi full-HD, serta kamera 13 megapiksel. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X