Simpan di iCloud, Foto Jennifer Lawrence Kok Bocor?

Kompas.com - 01/09/2014, 15:41 WIB
Salah satu foto Jennifer Lawrence yang beredar di internet setelah akun iCloud dibobol peretas pada Minggu (31/8) malam di AS. istSalah satu foto Jennifer Lawrence yang beredar di internet setelah akun iCloud dibobol peretas pada Minggu (31/8) malam di AS.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Bobolnya akun iCloud yang dimiliki sejumlah artis Hollywood, termasuk pemeran film The Hunger Games, Jennifer Lawrence, pada Minggu (31/8/2014) menyebabkan foto-foto sensual mereka beredar di internet.

Hal itu membuat pengguna gadget iOS (iPhone, iPad, dan iPod) bertanya-tanya, sejauh apa keamanan Apple iCloud, atau layanan cloud pada umumnya?

Walau pembobolan ponsel dan penyebaran foto-foto pribadi yang mengandung unsur ketelanjangan bukan yang pertama, kasus ini untuk kali pertama terjadi terhadap iCloud dan fitur Photo Stream milik Apple.

Apple sendiri belum memberikan komentar resminya terkait dengan bobolnya iCloud, hingga berita ini diturunkan.

Namun, untuk diketahui, iCloud dilengkapi Apple dengan fitur perlindungan berlapis, seperti enkripsi data, password, dan otentikasi berlapis.

Dilansir dari Mashable, enkripsi yang digunakan Apple dalam iCloud dilakukan di server ataupun saat data sedang transit (saat dikirim dari perangkat ke server). Apple mengklaim, setidaknya level minimum enkripsi yang dilakukan adalah 128 bit.

Password yang sulit ditebak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah enkripsi, pengguna juga diwajibkan memiliki password. Pertanyaannya adalah, apakah password yang dipakai itu cukup kuat melindungi akun masing-masing?

Apple menyarankan pengguna iCloud setidaknya menggunakan password minimal 8 karakter, disertai dengan angka dan kombinasi huruf kapital.

Sering kali, password yang dipakai tidak cukup aman atau unik sehingga mudah ditebak oleh peretas.

Halaman:


Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.