Kompas.com - 29/03/2016, 13:18 WIB
Fitur Post Notification di Instagram yang ramai-ramai diminta diaktifkan bisa diakses dari menu Setting di pojok kanan atas. InstagramFitur Post Notification di Instagram yang ramai-ramai diminta diaktifkan bisa diakses dari menu Setting di pojok kanan atas.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pemilik akun Instagram beramai-ramai meminta follower-nya untuk mengaktifkan fitur "Post Notification." Alasannya, mereka khawatir postingan-nya tidak muncul di linimasa pengguna saat Instagram mulai menggunakan algoritma baru dalam timeline-nya.

Menanggapi kepanikan massal ini, Instagram pun angkat bicara. Pihak Instagram menjelaskan tentang cara penyajian konten di timeline jejaring sosial berbasis foto itu saat menggunakan algoritma baru.

Menurut juru bicara Instagram, seperti dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (29/3/2016), algoritma tersebut sama sekali tidak bertujuan utnuk menghapus sebuah postingan dari linimasa.

"Kami hanya mengatur ulang urutan postingan-nya saja, kami ingin membuat pengguna melihat postingan yang paling diminati, termasuk juga dari brand (akun jualan)," kata juru bicara tersebut.

Dengan demikian, pemilik akun Instagram yang dipakai untuk tujuan bisnis/berjualan, mengelola komunitas, dan sebagainya, tidak perlu khawatir, sebab postingan mereka tidak akan dihapus, hanya saja mungkin tidak ditampilkan di atas.

Namun demikian, algoritma yang dipakai Instagram juga tidak ditujukan untuk mengerdilkan akun-akun seperti di atas. Instagram ingin menampilkan konten yang relevan dan sesuai dengan minat.

Jadi, jika minat seseorang terhadap suatu akun brand/bisnis tinggi, dan interaksinya juga intens, besar kemungkinan akun tersebut disajikan di urutan atas.

"Kami tidak mengoptimalkan berdasar performa dan popularitas saja, kami memakai Likes dan komentar sebagai sinyal, sementara timeline dan hubungan antara pengunggah foto/video dan viewer-nya juga penting," kata juru bicara Instagram.

Sebagaimana diketahui, Instagram akan membuat postingan di timeline seperti Twitter, tidak berurutan berdasar waktu posting (chronological order), melainkan memperlihatkan momen-momen yang dirasa Instagram paling penting bagi penggunanya lebih dulu.

Dengan demikian, saat membuka aplikasi, bukan unggahan terbaru dari akun yang di-follow yang terpampang di layar teratas.

Dengan algoritma seperti itu, bisa jadi postingan dari akun Instagram tertentu tidak muncul di linimasa. Untuk menghindari hal tersebut, maka dibuatlah fitur Post Notification.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.