Obama Tak Lagi Pakai BlackBerry, Apa Ponsel Penggantinya?

Kompas.com - 16/06/2016, 07:39 WIB
Presiden AS Barack Obama beralih dari telepon seluler (ponsel) Blackberry dan memakai ponsel pintar baru. Guardian/Charles Ommanney/Getty Presiden AS Barack Obama beralih dari telepon seluler (ponsel) Blackberry dan memakai ponsel pintar baru.
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Presiden AS, Barack Obama mengaku tidak lagi menggunakan BlackBerry, smartphone yang setia dipakainya selama beberapa tahun belakangan ini.

Penghentian penggunaan BlackBerry itu diungkapkan Obama dalam acara talkshow Jimmy Falon pekan lalu. Meskipun begitu, orang nomor satu di AS ini enggan menjelaskan smartphone pengganti yang digunakannya.

Lantas, kira-kira ponsel apa yang digunakan Obama? Situs Sammobile menduga bahwa Obama menggunakan Samsung Galaxy yang cukup lawas, yakni S4.

Akan tetapi, Galaxy S4 yang digunakan bukan versi biasa, melainkan sudah diperkuat dengan beberapa fitur keamanan canggih. Perangkat itu juga merupakan yang pertama disetujui untuk bisa terkoneksi dengan jaringan rahasia Gedung Putih.

Apa yang mendasari dugaan tersebut? Sebagaimana KompasTekno rangkum dari SamMobile, Kamis (16/6/2016), Galaxy S4 diketahui sebagai satu-satunya perangkat mobile yang didukung oleh Defense Information Systems Agency, sebuah divisi yang menyediakan layanan komunikasi di Gedung Putih.

Menteri Luar Negeri AS, John Kerry dikatakan sebagai salah satu anggota pemimpin negara pertama yang menggunakan Galaxy S4 versi aman tersebut.

Obama sendiri selama ini diketahui menggunakan BlackBerry model 8830 dengan keamanan ekstra untuk e-mail dan panggilan telepon.

Meskipun telah menggunakan ponsel di luar BlackBerry, dia agaknya merasa kuang puas lantaran fungsi perangkat itu dikurangi kemampuannya habis-habisan demi menjaga sekuriti.

“Saat saya menerimanya, mereka berkata ‘Pak Presiden, untuk alasan keamanan… ponsel ini tak bisa memotret, tak bisa kirim SMS, tak bisa menelepon, tidak bisa memutar lagu’,” ujar Obama.

Dia pun menyamakan perangkat “pintar” itu dengan ponsel mainan untuk anak balita.



Sumber SamMobile
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X