Google Duo Gantikan Hangouts Jadi Aplikasi Bawaan di Android

Kompas.com - 10/10/2016, 08:41 WIB
Antarmuka Google Duo di Android dan iOS. GoogleAntarmuka Google Duo di Android dan iOS.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Aplikasi video-call Google Duo bakal jadi aplikasi bawaan pada paket bundle Google Mobile Services (GMS) di ponsel Android. Posisinya menggantikan aplikasi chatting Google Hangouts.  

Hal ini disampaikan melalui sebuah e-mail yang diterima para rekanan GMS pada 5 Oktober 2016, sebagaimana dilaporkan AndroidPolice dan dihimpun KompasTekno, Senin (10/102016).

Pada e-mail tersebut, Google menetapkan tanggal 1 Desember 2016 untuk mulai menyematkan Duo sebagai pengganti Hangouts di GMS atau Google Apps.

"Hangouts akan jadi aplikasi opsional pada produk-produk Android," begitu terterap pada e-mail.

Artinya, inisiasi teranyar Google di bidang komunikasi mobile melalui Duo tak berarti membunuh eksistensi Hangouts. Hanya saja, vendor ponsel Android bakal berhenti menyematkan Hangouts secara otomatis pada produk keluaran 2017.

Pengguna yang ingin menjajal Hangouts harus menginstalnya secara mandiri lewat toko aplikasi Google Play Store. Cukup aneh sebetulnya jika Duo yang merupakan layanan video-call menggantikan peran Hangouts yang tak lain adalah layanan pesan singkat.

Keduanya tentu tak apple-to-apple. Mengapa tak menggantikan Hangout dengan Allo yang lebih punya irisan sebagai layanan chatting? Hal ini tak diungkap Google.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, Duo dan Allo sama-sama diperkenalkan Google pada Mei lalu di ajang I/O 2016. Keduanya muncul sebagai primadona dengan penawaran mekanisme komunikasi mobile yang berbeda.

Jika Duo diproyeksikan sebagai kompetitor Skype, maka Allo yang dilengkapi Google Assistant bakal jadi pesaing WhatsApp, Line, Facebook Messenger, dan Telegram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.