Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Play Store Kini Bisa Dipakai Download 2 Aplikasi Bersamaan

Kompas.com - 29/04/2024, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna ponsel Android di Indonesia kini bisa mengunduh (download) dua aplikasi di toko aplikasi Google Play Store secara bersamaan.

Sebelumnya, hal tersebut tidak bisa dilakukan, lantaran Play Store hanya mengizinkan pengguna mengunduh satu aplikasi saja dalam satu proses download, tidak bisa dua secara bersamaan. 

Sehingga, ketika pengguna mengunduh lebih dari satu aplikasi, proses pengunduhan dilakukan secara bergantian.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Senin (29/4/2024) pagi, fitur yang konon bernama "Parallel Download" ini sudah bisa dilakukan di Google Play Store versi 40.6.31.

Baca juga: 5 Cara Cek Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store

Bisa dilihat pada gambar di bawah, kami bisa mengunduh game Free Fire dan satu game lainnya, yaitu Geng Motor Multiplayer secara bersamaan, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

Sepengalaman kami juga, fitur Parallel Download ini hanya bisa mengunduh maksimal dua aplikasi secara bersamaan saja, tidak lebih.

Sebab, jika pengguna mengunduh aplikasi ketiga, maka proses download aplikasi tersebut akan ditunda dan berstatus "Pending".

Ilustrasi dua aplikasi di Google Play Store yang kini bisa di-download bersamaan.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi dua aplikasi di Google Play Store yang kini bisa di-download bersamaan.

Perlu dicatat, fitur ini tampaknya hanya bisa digunakan ketika pengguna mengunduh aplikasi baru, atau aplikasi yang belum terpasang di ponsel saja. 

Untuk memperbarui alias update aplikasi, pengguna hanya bisa meng-update satu aplikasi saja, tidak bisa memperbarui dua aplikasi secara bersamaan.

Artinya, aplikasi kedua yang hendak diperbarui nantinya akan tetap berstatus "Pending". 

Belum ada penjelasan resmi juga mengapa pengguna hanya bisa mengunduh dua aplikasi saja secara bersamaan, tidak bisa tiga atau lebih.

Padahal, sejumlah rumor sempat menyebut bahwa fitur Parallel Download inj mendukung proses pengunduhan hingga lima aplikasi secara bersamaan. 

Dengan kata lain, ada kemungkinan Google menambah batas download secara bersamaan ini menjadi lebih dari dua di masa depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidPolice, Senin (29/4/2024).

Baca juga: Tari Rangkuk Alu Jadi Google Doodle, Tarian Khas Flores dengan Bambu

Tertarik menjajal fitur Parallel Download di Play Store? Apabila demikian, pastikan versi Google Play Store yang terpasang di ponsel Android mereka sudah versi terbaru. 

Jika belum, maka mereka bisa memperbarui Play Store mereka melalui menu "Settings" > "About" di aplikasi tersebut. Di sana, klik tombol "Update Play Store" untuk memperbarui versi Play Store. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com