Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mematikan Last Seen Instagram biar Tak Terlihat Online dengan Mudah

Kompas.com - 02/05/2024, 16:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan Instagram atau biasa disingkat IG. Salah satu panduan dasar itu seperti cara mematikan Last Seen instagram.

Baca juga: 2 Cara Melihat Siapa Saja yang Unfollow Akun Instagram Kita

Cara tersebut bakal berguna bagi pengguna yang tidak ingin diketahui orang lain bahwa dirinya sedang online saat bermain Instagram. Sebagai informasi, Instagram punya fitur untuk menunjukkan status aktivitas pengguna di aplikasi.

Fitur tersebut membuat pengguna lain bisa mengetahui kalau pengguna sedang aktif dengan melihat status online yang terdapat pada DM Instagram. Status online ini biasanya ditandai dengan lingkaran hijau di foto profil pada DM IG.

Setelah tidak online, fitur status aktivitas akan memunculkan status terakhir dilihat atau Last Seen di DM IG. Dengan status tersebut, pengguna lain akan mengetahui kapan pengguna terakhir kali online di Instagram.

Untuk sebagian pengguna, status Last Seen dan online di IG bisa jadi mengganggu privasi. Jika terganggu, pengguna pada dasarnya bisa mematikan status Last Seen di Instagram sehingga tidak terlihat online.

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan Last Seen di Instagram? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menonaktifkan terakhir dilihat di IG.

Baca juga: Cara Buat Tulisan Caption Instagram Jadi Miring, Tebal, dan Dicoret

Cara mematikan Last Seen IG

Cara mematikan Last Seen Instagram itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna bisa mengakses menu pengaturan dan privasi untuk menonaktifkan status terakhir dilihat yang terdapat pada DM Instagram.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mematikan Last Seen IG melalui menu pengaturan adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Kemudian, buka halaman profil Instagram dan klik ikon garis tiga untuk mengakses menu pengaturan.
  • Selanjutnya, cari kolom bertajuk “How others can interact with you” dan pilih opsi “Messages and story replies”.
  • Berikutnya, pilih opsi “Show activity status”.
  • Setelah itu, nonaktifkan opsi “Show activity status” dan status online serta terakhir dilihat bakal dimatikan.

Ilustrasi Cara mematikan Last Seen IG.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi Cara mematikan Last Seen IG.

Cukup mudah bukan cara menonaktifkan terakhir dilihat di IG? Melalui cara di atas, pengguna tak perlu khawatir lagi aktivitas online di Instagram bakal diketahui oleh pengguna lain. Status terakhir dilihat dan online yang tertera di halaman DM IG bakal tidak ditampilkan.

Alhasil, pengguna bisa bermain Instagram dengan lebih privasi. Perlu diketahui, saat opsi “Show Activity Status” dinonaktifkan, status terakhir dilihat dan sedang online di DM Instagram akan disembunyikan.

Baca juga: Cara Memutuskan Hubungan Akun Instagram dengan Facebook, Mudah dan Praktis

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara menonaktifkan terakhir dilihat di IG biar tak terlihat online dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com