Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AI Bawa "Kompas.com" Raih Penghargaan Internasional Asian Digital Media Awards

Kompas.com - 25/04/2024, 19:06 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) membawa Kompas.com memenangi penghargaan di ajang Digital Media Awards Asia 2024.

Ajang yang digelar oleh organisasi pers dunia, World Association of New Publisher (WAN-IFRA), ini digelar di Sofitel Kuala Lumpur Damansara, Rabu (24/4/2024).

Pada penyelenggaraan tahun ini, Kompas.com memenangi dua kategori penghargaan, yaitu Penggunaan AI Terbaik dalam Ruang Redaksi untuk program Lestari dan Produk Digital Inovatif Terbaik untuk fitur Baca Cepat.

Masing-masing kategori ini telah sukses memenangi Gold Winner. Penghargaan diterima oleh Head of Product Kompas.com, Friska Fristella.

AI di program Lestari

AI digunakan di program Lestari KG Media untuk mendukung akselerasi agenda berkelanjutan (SDGs).

Baca juga: AI dan Teknologi Bahasa: Penghapus Kendala Akses Interaksi Global

Lestari menyajikan ribuan artikel terkait 17 agenda SDGs tersebut. Tentu ini akan menjadi tantangan bagi tim redaksi untuk mengklasifikasikan artikel sesuai dengan kategori SDGs.

Sebab, tak hanya sumber daya manusia, pengklasifikasian ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama jika klasifikasi dilakukan dengan cara manual.

Itu sebabnya, Kompas.com merancang teknologi AI demi efisiensi. AI ini mengautomasi
pengategorian artikel berdasarkan tujuan SDGs dan sentimennya. Para pembaca pun
hanya perlu memilih kategori di sisi atas artikel sesuai dengan tujuan SDGs yang mereka cari.

Dengan teknologi canggih ini, Kompas.com pun sukses melakukan efisiensi waktu kerja para
tim redaksi sebanyak 4.750 jam, 6 penerbit, penyediaan lebih dari 475.000 artikel, dan mampu mencapai lebih dari 90 persen ketepatan kategorisasi.

“AI untuk klasifikasi konten ini membuat pekerjaan yang berulang-ulang menjadi jauh lebih efisien," ujar Senior General Manager Technology KG Media Johnsons.

Baca juga: Film Pendek Kompas.com Raih Penghargaan Internasional Asian Digital Media Awards

"Sehingga, tim redaksi kami bisa lebih fokus pada upaya-upaya yang impactful untuk menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas," lanjutnya.

Fitur Baca Cepat

Sedangkan untuk kategori Produk Digital Inovatif Terbaik, yaitu fitur Baca Cepat, fitur ini merupakan pionir generative AI yang dirancang untuk menyelaraskan penyediaan informasi dengan tuntutan gaya hidup pembaca yang serba cepat.

Baca Cepat merangkum artikel yang lebih ringkas sehingga pengguna bisa mendapat informasi dengan waktu yang lebih cepat.

Dua penghargaan yang diraih Kompas.com di ajang WAN-IFRA Asian Digital Media Awards 2024.Dok Dua penghargaan yang diraih Kompas.com di ajang WAN-IFRA Asian Digital Media Awards 2024.
Rilis pada Oktober 2023, Baca Cepat juga menyediakan video pendek dengan rangkuman
informasi, musik, dan visual yang dinamis sehingga menjadi lebih interaktif.

Fitur ini sukses membuktikan bahwa efisiensi terkait penyediaan informasi bisa tetap menjaga standar jurnalistik dengan kualitas tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com