Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fitur Baru Instagram Stories Meluncur, Ada Stiker Musik, Frame, Reveal, dan Cutouts

Kompas.com - 06/05/2024, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Meta

KOMPAS.com - Media sosial Instagram (IG) memperkenalkan sejumlah fitur baru untuk meningkatkan interaksi dari konten Stories yang dibagikan. Ada empar fitur baru yang digulirkan, yakni Music Stickers (stiker musik), Frame, Reveal, dan Cutouts.

“Hari ini, kami meluncurkan beberapa stiker baru di Instagram Stories, memberi Anda beragam cara untuk terkoneksi dengan teman lewat hal yang paling Anda pedulikan,” ungkap Meta di situs resminya.

Fitur yang pertama adalah Music Stickers. Sejatinya, fitur ini adalah peningkatan dari fitur “Add Yours”.

Seperti yang diketahui, “Add Yours” memungkinkan pengguna memulai tren atau tantangan baru, baik dalam bentuk gambar ataupun video lewat IG Stories. Tujuannya agar tren tersebut diikuti oleh pengikut (followers).

Bedanya, di Music Stickers ini, pengguna dapat menambah lagu latar dalam bentuk stiker untuk menambah mood ataupun ambience dari konten yang dibagikan.

Baca juga: Algoritma Instagram Kini Prioritaskan Konten Asli Bikinan Pengguna

Tampilan fitur ini mirip seperti tren “Add Yours” yang sudah ada selama ini. Hanya saja, di atas tombol terdapat tambahan gambar beresolusi 1:1 yang berisikan foto album dari musik yang ditampilkan. Berikut adalah contoh tampilannya.

Tampilan fitur Add Yours Music InstagramMeta Tampilan fitur Add Yours Music Instagram

Pengguna juga bisa menampilkan lirik lagu dari potongan musik yang sudah dipilih. Penambahan elemen seperti ini bisa membuat konten lebih estetik. Pengikut yang lain juga bisa turut meramaikan tren ini dengan mengeklik stiker “Add Yours Music”.

Bila sudah diklik, pilih ikon plus “+” atau “Add Music”. Nanti akan muncul jendela daftar musik yang bisa dipilih sesuai selera. Kemudian, unggah konten tersebut ke IG Stories. Pengguna lain yang ingin bergabung, tinggal mengeklik stiker “Add Yours Music”.

Frames, polaroid virtual

Tampilan fitur stiker Frames di Instagram. Pengguna harus menggoyang hp untuk bisa melihat foto secara jelasMeta Tampilan fitur stiker Frames di Instagram. Pengguna harus menggoyang hp untuk bisa melihat foto secara jelas

Fitur kedua bernama “Frames” ini bisa dimanfaatkan untuk berbagi memori, kenangan, ataupun cerita bersama orang-orang spesial.

Keunikan fitur ini adalah pengguna harus menggoyang smartphone mereka agar dapat melihat konten yang dibagikan. Selain digoyangkan, pengguna juga bisa mengeklik frame agar foto muncul.

Tampilan awal konten akan dibuat misterius. Foto yang diunggah tidak bisa dilihat sepenuhnya karena ada bingkai foto ala polaroid yang menutupi bagian tengah konten. Di samping frame polaroid ini, akan muncul pop-up bertuliskan “Shake to reveal” (Goyang untuk lihat).

Nantinya, foto buram tadi bakal memudar dan menampilkan foto yang asli. Ringkasnya, cara kerja fitur ini mengadopsi mekanisme foto polaroid.

Seperti diketahui, hasil foto polaroid umumnya harus ditiup, dikibas-kibas, dan didiamkan beberapa saat agar foto yang dipotret bisa muncul. Boleh dikatakan, fitur Frames adalah foto polaroid versi virtual.

Cara mengakses fitur ini juga mudah. Saat ingin mengunggah IG Stories, pilih ikon stiker di pojok kanan atas, dan klik stiker “Frames”. Instagram akan meminta Anda memilih foto yang akan dibingkai.

Baca juga: 10 Cara Melihat Story Instagram Tanpa Ketahuan Pemiliknya, Mudah dan Praktis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com