Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Catat Rekor Baru Kecepatan Internet, Tembus 402 Tbps

Kompas.com - 04/07/2024, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah teknisi dari Institut Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional Jepang (NICT) mencetak rekor dunia baru untuk kecepatan internet, yaitu menyentuh angka 402 Tbps.

Sebelumnya, rekor dunia untuk kecepatan internet berkisar di angka 321 Tbps pada Oktober 2023 lalu, serta 226 Tbps pada Maret 2022 lalu. 

Secara teoritis, kecepatan internet 402 Tbps tadi memungkinkan pengguna mengunduh (download) file dengan ukuran 50 terabyte (TB) per detik alias 50 TB/s.

Artinya, pengguna bisa mengunduh game-game PC besar alias "AAA" yang biasanya memiliki ukuran (size) puluhan hingga ratusan GB, hanya dalam sepersekian detik saja. 

Baca juga: China Catat Kecepatan Internet 1,2 Tbps, Diklaim Tercepat di Dunia

Untuk men-download game petualangan populer bikinan Rockstar Games, yaitu Red Dead Redemption 2 yang memiliki size kurang lebih 120 GB, misalnya, pengguna bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu sekitar 2,4 milidetik (0,0024 detik). 

Dalam proses pemecahan rekor dunia ini, para teknisi dan ilmuwan NICT menggunakan kabel fiber optik sepanjang 50 km yang mentransmisikan data dari poin A (pemancar sinyal) dan poin B (perangkat atau client penerima sinyal). 

Supaya kecepatan download kencang, sinyal yang diterima tentunya harus kuat. Dalam hal ini, NICT menggunakan banyak pita frekuensi dengan total 37,6 THz, penguat sinyal, dan aneka teknologi pendukung lainnya.

Dengan begitu, kecepatan internet bisa mencapai angka 402 Tbps, 25 persen lebih kencang dari rekor sebelumnya yang mentok di angka 321 Tbps.

Belum bisa dipastikan kapan publik bisa menikmati kecepatan download 50 TB/s, seperti apa yang dirasakan para ilmuwan NICT.

Baca juga: AS Naikkan Standar Minimal Kecepatan Download Internet Jadi 100 Mbps

Namun yang jelas, untuk saat ini, perangkat keras (hardware) atau komponen PC yang sudah tersebar di konsumen di dunia belum sanggup menangani kecepatan internet sekencang itu. 

Dua komponen utama yang biasa melibatkan transfer data dari internet ke PC adalah komponen motherboard dan media penyimpanan (storage), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DigitalTrends, Kamis (4/7/2024). 

Saat ini, motherboard yang paling mumpuni konon hanya bisa menampung kecepatan transfer data 10 Gbps, sedangkan dukungan kecepatan transmisi data untuk storage berjenis SSD tipe PCIe 5.0 NVMe hanya mentok di angka sekitar 12 Gbps.

Meski belum ada hardware yang bisa menampung kecepatan 402 Tbps, pengujian NICT ini membuktikan bahwa kecepatan internet akan bisa terus ditingkatkan dan berkembang seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi. 

Laporan NICT soal rekor kecepatan internet ini bisa dibaca secara lengkap di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com