Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Penyebab HP Android Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 28/06/2024, 15:35 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasa HP Android yang digunakan cepat panas? Jika iya bisa jadi penyebab HP cepat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari karena peparan sinar matahari, baterai ponsel yang error, atau lainnya.

HP yang panas tentu akan membuat penggunaan tak nyaman. Tak hanya itu HP Android uang panas biasanya mengalami penurunan kinerja karena sistem akan secara otomatis memperlambat CPU untuk mencegah kerusakaan lebih lanjut.

Bagi Anda yang masih bingung mengapa HP Android tiba-tiba cepat panas, berikut ini penjelasan beberapa penyebabnya.

Baca juga: Kenapa Layar HP Android Tiba-tiba Blank Hitam? Begini Cara Mengatasinya

Terpapar sinar matahari langsung

Penyebab paling umum ponsel cepat panas adalah seringnya terpapar sinar matahari langsung. Meskipun hanya sebentar, ini bisa jadi menjadi penyebab baterai terkuras dan menyebabkan masalah kinerja lainnya. Apabila ponsel Anda terkena sinar matahari langsung terlalu lama, komponen internalnya bisa rusak permanen.

Kinerja CPU ponsel terlalu berat

Jika CPU ponsel Anda terlalu banyak bekerja, ponsel akan menjadi panas dari dalam. CPU adalah otak ponsel yang menjalankan proses dan aplikasi. Kinerja CPU ponsel yang terlalu berat biasanya disebabkan karena ponsel menjalankan terlalu banyak tugas (bahkan di latar belakang).

Terlalu banyak aplikasi yang terbuka

Membuka banyak aplikasi sekaligus dapat meningkatkan suhu ponsel. Aplikasi berjalan di latar belakang dan mengonsumsi daya CPU dan memori, meskipun Anda tidak menggunakannya. Untuk mencegah ponsel kepanasan, tinjau aplikasi yang terbuka dan tutup yang tidak diperlukan.

Aplikasi mengonsumsi banyak daya

Terkadang, satu aplikasi yang intensif saja bisa membuat ponsel Anda panas jika dibiarkan berjalan terlalu lama. Aplikasi dengan elemen realitas augmentasi (AR) atau grafis berat lainnya biasanya menguras CPU dan bisa membuat sistem ponsel mengonsumsi banyak daya. 

Kabel pengisi daya rusak

HP Android yang cepat panas bisa jadi dikarenakan faktor eksternal. Salah satunya kabel pengisi daya yang rusak. Kabel yang rusak bisa jadi tidak mampu mengalirkan arus listrik dengan stabil. Ketidakstabilan ini bisa menyebabkan komponen pengisian daya di dalam ponsel bekerja lebih keras untuk mengatur arus yang mengakibatkan panas berlebih.

Maka dari itu gunakan hanya adaptor dan kabel pengisi daya yang disetujui oleh produsen untuk mencegah masalah baterai.

Pengisian daya nirkabel

Pengisian daya nirkabel kurang efisien dibandingkan pengisian dengan kabel. Ini berarti lebih banyak energi yang bocor dalam bentuk panas sehingga membuat ponsel lebih hangat.

Baca juga: Earphone Nirkabel Realme Buds Air Masuk Indonesia, Harga Rp 899.000

Bermain game terlalu lama

Seperti halnya PC, bermain game di ponsel membebani CPU dan GPU hingga batasnya. Hal ini menyebabkan ponsel menghasilkan banyak panas. Meskipun sesi bermain game sesekali tidak akan merusak ponsel Anda, bermain game terus-menerus selama beberapa jam akan membuat perangkat panas, terutama saat memainkan game baru yang membutuhkan grafis tinggi.

Streaming video terlalu lama

Melakukan streaming video selama berjam-jam juga merugikan kesehatan ponsel Anda seperti sesi bermain game yang lama. Apa pun yang membuat layar menyala dalam waktu lama dan menggunakan GPU ponsel secara berlebihan akan menyebabkan perangkat menjadi panas.

Pembaruan software

HP Android cenderung panas saat menjalankan update software. Terlebih lagi jika terdapat bug yang perlu diperbaiki selama pembaruan, ini akan menggunakan lebih banyak daya sementara. Setelah pembaruan selesai dan perangkat Anda restart, ponsel Anda akan mulai mendingin.

Malware atau virus pada aplikasi

Secara keseluruhan, malware atau virus memaksa ponsel untuk melakukan banyak tugas tambahan tanpa sepengetahuan atau persetujuan pengguna. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan penggunaan CPU, memori, dan daya, sehingga ponsel menjadi panas.

Baca juga: 3 Upaya Google Cegah Sebaran Malware dan Phishing di Play Store

Cara mengatasi HP Android cepat panas

Berikut ini beberapa cara mengatasi HP Android yang cepat panas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com