Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meta Ganti Label AI di Foto Usai Dirpotes Fotografer

Kompas.com - 04/07/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Meta mulai menandai foto yang dibuat dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dengan label khusus sejak Mei lalu. Labelnya bertuliskan "Made with AI" (terbuat dari AI)  alias dibuat dengan AI.

Namun kini Meta mengganti label itu dengan keterangan baru bertuliskan "AI Info".

Perubahan itu dilakukan setelah beberapa pengguna, terutama fotografer, protes mengenai label AI tersebut.

Sebab, mereka mengeluhkan bahwa Meta seringkali memasang label "Made with AI" ke foto asli yang diambil oleh fotografer langsung, tetapi sedikit dipoles dengan beberapa alat pengeditan foto.

Penggantian label itu berlaku di semua media sosial di bawah naungan Meta, termasuk Facebook dan Instagram.

Baca juga: Meta mulai Bawa Chatbot AI ke WhatsApp

Menurut penjelasan pihak Meta, label sebelumnya belum cukup jelas menunjukkan bahwa gambar dengan label itu belum tentu dibuat dengan AI, dan mungkin hanya melewati proses penyuntingan gambar yang dibantu AI.

"Seperti perusahaan lain di industri ini, kami menemukan bahwa label kami yang didasarkan pada indikator-indikator ini tidak selalu sesuai dengan harapan masyarakat dan tidak selalu memberikan konteks yang cukup. Misalnya, beberapa konten yang menyertakan sedikit modifikasi menggunakan AI, seperti alat retouching," ujar Meta lewat posting di blog resminya.

Perbandingan label AI Meta yang baru (kiri) dan lama (kanan)Meta Perbandingan label AI Meta yang baru (kiri) dan lama (kanan)

Secara teknis, perubahan itu hanya berlaku pada desain labelnya saja. Adapun teknonogi dasar untuk mendeteksi pemakaian AI pada foto dan untuk membubuhkan label khusus, masih sama seperti sebelumnya. Meta masih memakai informasi dari standar metadata teknis seperti C2PA dan IPTC metadata.

Adapun C2PA adalah standar teknis open source yang memungkinkan penerbit, kreator, dan pengguna bisa melacak asal-usul aneka jenis media.

Dengan pergantian desain label ini, bila fotografer mengunggah foto asli yang dipoles dengan alat AI, maka fotonya akan ditandai dengan label baru. Meski begitu, label ini belum bisa menjelaskan seberapa banyak kontribusi AI pada foto terkait.

Namun, induk Facebook hingga WhatsApp ini berharap label baru akan lebih memahamkan publik bahwa foto yang ditandai dengan label khusus, tidak selalu dibuat oleh AI sepenuhnya.

"Label 'AI Info' bisa mencakup konten yang dibuat dan/atau dimodifikasi dengan AI, sehingga diharapkan konten ini lebih sesuai dengan ekspektasi masyarakat, sembari kami bekerja sama dengan perusahaan di seluruh industri untuk mengembangkannya lebih lanjut," kata juru bicara Meta, Kate McLaughlin dikutip dari TechCrunch, Kamis (4/7/2024).

Baca juga: TikTok Pasang Label Khusus untuk Konten AI dari Aplikasi Pihak Ketiga

TikTok juga pasang label khusus untuk konten AI

Tidak hanya Meta, media sosial TikTok juga mengadopsi label khusus untuk konten buatan AI dari aplikasi pihak ketiga. Kebijakan ini mulai diterapkan TikTok pada Mei 2024 lalu.

Perusahaan di bawah naungan ByteDance ini menyatakan bahwa label itu akan muncul secara otomatis, tanpa perlu ditambah manual oleh pengguna.

"TikTok mulai secara otomatis memberikan label ke konten yang dihasilkan AI (AI-generated content/AIGC) ketika diunggah dari platform lainnya," demikian keterangan TikTok dikutip KompasTekno dari situs TikTok Newsroom, Minggu (12/5/2024).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com