Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poco Pad Resmi Masuk Indonesia, Tablet Android Pertama dari Poco

Kompas.com - 04/07/2024, 13:58 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Poco resmi meluncurkan tablet Android pertamanya, Poco Pad, di Indonesia, Kamis (4/7/2024). Sebelumnya, tablet ini sudah dirilis di pasar global pada Mei 2024 lalu.

Poco Pad mengunggulkan layar IPS LCD berukuran 12,1 inci, dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 600 nits, dan dukungan 68 miliar warna (12-bit).

Menurut Head of Marketing Poco Indonesia Andi Renreng, layar dengan aspect ratio 16:10 ini cocok digunakan untuk berbagai aktivitas.

"Layar ini bisa menampilkan lebih banyak informasi dalam sebuah halaman web, dan tetap nyaman digunakan untuk melihat beragam konten," kata pria yang akrab disapa dengan panggilan Bung Andi dalam acara peluncuran di Bengkel Space, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2024).

Baca juga: Menggenggam Langsung Poco Pad, Tablet Android Pertama Poco

Spesifikasi tablet Poco Pad di Indonesia

Layar Poco Pad dibekali fitur DC dimming yang meminimalisasi paparan cahaya flicker yang berbahaya bagi mata.

Untuk jeroan, tablet Android Poco pertama di dunia dan Indonesia ini ditenagai chipset Snapdragon 7s Gen 2 (4 nm) bikinan Qualcomm.

Chipset ini mencakup empat inti Cortex-A78 (clockspeed maksimum 2,40 GHz) dan empat inti Cortex-A55 (clockspeed maksimum 1,95 GHz). Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Adreno 710.

Poco Pad dibekali RAM LPDDR4X 8 GB dan storage UFS 2.2 256 GB. Bila dirasa kurang, pengguna bisa memperluas storage hingga 1,5 TB melalui kartu microSD. Ada juga fitur virtual RAM hingga 8 GB, sehingga total RAM bisa menjadi 16 GB.

Tablet ini ditopang oleh baterai 10.000 mAh, yang diklaim bisa bertahan hingga 16 jam untuk streaming video.

Baterai ini didukung teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 33 Watt. Poco mengatakan bahwa setelah diisi dayanya selama 15 menit, tablet ini bisa bertahan 26 jam untuk pemutaran musik.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Android 14, yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) terbaru Xiaomi, HyperOS.

HyperOS membawa banyak fitur misalnya mentransmisikan layar ponsel pengguna ke tablet. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menarik dan melepas (drag and drop) file foto, video, dan lain-lain dari tablet ke ponsel.

Spesifikasi Poco Pad lainnya mencakup kamera depan dan belakang beresolusi 8 MP, jack headphone 3,5 mm, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, Dolby Atmos, dan Dolby Vision.

Poco turut menghadirkan aksesori tablet berupa Poco Pad Keyboard, dan pena digital (stylus) Poco Smart Pen yang dijual terpisah.

Baca juga: HP Poco F6 Rilis di Indonesia, Harga mulai Rp 4 Jutaan

Harga Poco Pad di Indonesia

Poco Pad memiliki dimensi 280 x 181,9 x 7,5 mm dengan bobot 571 gram. Tablet ini ditawarkan dalam pilihan warna biru (Blue) dan abu-abu (Gray).

Berikut ini harga Poco Pad di Indonesia:

  • Poco Pad (8 GB/256 GB) - Rp 3.999.000

Aksesori berupa Poco Smart Pen dan Poco Smart Keyboard bisa dibeli dengan harga Rp 699.000 per aksesori.

Poco Pad membuka tahap penjualan awal (pre-order) mulai hari ini pukul 13.00 WIB hingga 17 Juli 2024 di situs Mi.com dan berbagai marketplace rekanan resmi Poco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com